Visitor

 

Sosial Media

Home Catatan Kaki
Catatan Kaki
LARGE FORMAT PRINTING….., PILIH YANG MANA…?

Oleh : Kikie Nurcholik (VP1 – Komunitas Printing Indonesia (KopiGrafika)

Dunia Usaha Percetakan merupakan salah satu usaha yang tidak pernah sepi, sehingga sangat menarik untuk digeluti. Walaupun semakin hari orang yang membangun bisnis percetakan semakin bertambah, tetapi konsumen atau pasarnya juga semakin terbuka lebar, sehingga hal tersebut merupakan sebuah peluang besar. Apalagi di era globalisasi saat ini kebutuhan akan promosi mutlak diperlukan bagi suatu perusahaan bila ingin bersaing menarik pelanggan.

Produk-produk percetakan yang dibutuhkan oleh ...

 
Digitalisasi Offset Printing

Oleh : Kikie Nurcholik – VP1 Komunitas Printing Indonesia (KOPI)                       

Dalam catatan kali ini saya mengulas kembali tentang teknologi yang digadang gadang memiliki nilai usaha yang sangat efektif dan ditengarai sanggup "menyaingi tugas" dari industri printing di lini offset… benarkah dan siapakah dia…? Ya, Digital Printing….., dalam konsepnya digital printing merupakan teknik printing yang secara lebih modern dapat mengakomodir pekerjaan dengan singkat dan cepat, dimana disana terletak perpaduan inovasi dari teknik offset printing.

Dan dari ini semua, merujuk pada kemajuan teknologi, mengharuskan semua pelaku industri harus merubah menjadi ke sistem digitalisasi .. dalam hal ini termasuk industri percetakan.

Dalam beberapa pemaparan, baik workshop ataupun seminar/webinar yang saya ikuti, sebelum adanya istilah digital printing offset, dulu pelaku industri percetakan hanya mengenal "teknik offset printing" saja.

Berbicara keunggulan, Digital printing memiliki kelebihan dibanding dengan offset printing, yaitu praktis, cepat dan dari sisi kualitas  hampir dianggap  sempurna.

Selain itu digital printing memiliki nilai tambah yang ...

 
Perdagangan, Keuangan dan Perencanaan Keuangan

Kikie Nurcholik – VP1 – KOPI (Komunitas Printing Indonesia)                          

Sebagai Penjual/Sales saya melayani banyak orang. Tidak peduli latar belakangnya apa, apa kepercayaannya, punya simpanan berapa, bagaimana mereka menjalani hidup (dst... dst…)

Berdagang bagi saya adalah pekerjaan muamalah. Berhubungan dengan setiap orang, berusaha membantu menyelesaikan masalah, melayani dengan sebaik-baik kemampuan, bersikap baik dan beradab, ditukar dengan nilai pembayaran yang layak. Dan tentu saja menyelesaikan akad dengan baik.

Bahkan pelanggan yang... (maaf) cerewet dan merepotkan sekalipun, insya Allah saya akan  layani dengan kesabaran hampir “setingkat dewa” istilahnya. Toh tanpa mereka, saya belum tentu tahu ternyata saya bisa lebih sabar dan mengerti banyak macam karakter dan kebutuhan orang lain, asal saya mau melapangkan hati dan pikiran. Ada yang ...

 
KRISIS, MASALAH dan KONFLIK E-mail

Oleh : Kikie Nurcholik (Ketua I – Organisasi & Pendidikan Komunitas Printing Indonesia)

Bagian dari dampak Pandemi Covid-19 telah mengakibatkan berbagai krisis bahkan menjadi  krisis multidimensi. Ada banyak usaha yang telah dibangun sebelum masa pandemi tiba-tiba menjadi terpuruk. Keterpurukan menimbulkan berbagai tekanan, berbagai konflik dan masalah, sehingga tidak sedikit banyak orang  mengalami stres.

Pada sisi lain, sebagian orang merasa malas untuk bangkit dan tidak berani mencoba lagi karena kuatir mengalami kegagalan lagi. Tak seorangpun yang terhindar dari pandemi yang telah berdampak pada berbagai permasalahan yang dihadapi yang menimbulkan krisis dan masalah, bahkan konflik  dalam berbagai dimensi kehidupan,

Krisis, Masalah dan Konflik adalah bagian dari hidup yang tidak dapat dielakkan di setiap kegiatan kita, semua itu harus dihadapi. Kebanyakan orang menganggap bahwa krisis, masalah dan konflik merupakan kesulitan yang menekan kehidupan. Anggapan ini muncul karena seseorang yang mengalaminya tidak memahami permasalahan dimaksud  dan bahkan tidak mampu mengatasinya.

Padahal  dengan pemahaman akar masalah tentang ketiga hal diatas,  diharapkan ...

 
3D PRINTING TEROBOS LAWAN PANDEMI....... !!

Oleh : Kikie Nurcholik (Ketua I – Komunitas Printing Indonesia)

COVID-19 memiliki dampak yang belum pernah terjadi sebelumnya secara global, dilansir dari WHO tercatat pertanggal 23 Agustus 2021  lebih dari 212 juta kasus orang yang terinfeksi dan 4 juta kasus kematian yang diakibatkan oleh virus SARS-CoV-2 ini. Masyarakat diseluruh dunia dituntut untuk lebih adaptif dan inovatif dalam menghadapi kondisi pandemi seperti ini. Perubahan gaya hidup dan interaksi antar masyarakat sangat dirasakan. Oleh karena itu muncul terobosan-terobosan baru baik dari bidang kesehatan, industri, bahkan produk sehari-hari untuk menunjang gaya hidup sehat dan higienis. Disinilah peran Teknologi percetakan 3D dapat dioptimalkan sebagai inovasi pembuatan  berbagai produk tersebut.

Bebagai inovasi dan kontribusi di bidang kesehatan telah ...

 
Covid 19 vs Industri Percetakan

Banyak dari kita telah melakukan studi tentang dampak global Covid-19 pada industri percetakan. dalam 2 tahun terakhir ini, Menurut beberapa laporan itu, kemampuan melalui penjualan bisnis cetak online membentuk industri percetakan digital semakin dikenal sexy dan dapat menjawab tantangan di masa pandemi ini.

Sudah lebih dari  dua tahun sejak COVID-19 mengglobal, dampak yang belum pernah terjadi sebelumnya telah menciptakan krisis dan membuat dunia kacau balau. Banyak industri menderita, walau sementara itu yang lain masih yang dapat bekerja dan bertahan dengan baik.

Salah satu contoh misalnya ritel stasionery printing terpaksa mengubah model bisnisnya dan beradaptasi dengan kondisi baru. Pada saat yang sama, sebagian besar pengecer online mulai menerapkan beberapa perbaikan untuk meningkatkan efisiensi mereka. Amazon, misalnya, mempekerjakan 427.300 karyawan tambahan untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat dan, menurut analis yang dirujuk oleh para surveylance untuk asia, penjualan kuartalan pada segmen ritel stationary printing ini diharapkan melebihi ratusan miliar dollar untuk pertama kalinya pada kuartal keempat 2020.

Yang jelas dan pasti  adalah bahwa industri e-commerce telah ...

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 Next > End >>

Page 1 of 6

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!