Pengunjung Web

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini140
mod_vvisit_counterKemarin779
mod_vvisit_counterMinggu ini140
mod_vvisit_counterMinggu lalu9322
mod_vvisit_counterBulan ini31896
mod_vvisit_counterBulan lalu39080
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung1327912
Kami Memiliki: 102 guests online

Home Catatan Kaki SEMANGAT GARUDA MUDA
24
May
2014
SEMANGAT GARUDA MUDA

Oleh : Kikie Nurcholik – Sekjen Komunitas Printing Indonesia

Setelah penantian panjang pada beberapa pertandingan alot plus adu pinalti yang luar biasa mendebarkan, kita akhirnya serentak bersorak dan merasa bangga. Tim Garuda Muda U-19 menang di akhir eksekusi dalam penentuan juara pada kejuaraan kualifikasi Piala Asia, cabang sepakbola yang katanya merupakan cabang olahraga paling bergengsi di antara semua cabang olahraga yang dipertandingkan.

Walau kemenangan ini membawa  Indonesia berangkat ke Myanmar, tetap  akan terasa bagaikan sayur tanpa bumbu jika nanti di pertandingan antar negara itu Indonesia tak berhasil meraih emas....

Saya sangat menghargai  keringat yang bercucuran di tubuh para pejuang Garuda Muda U-19  dan  membayangkan betapa berat perjuangan mereka di setiap pertandingan.  Meskipun di atas kertas team kita  dianggap  menang dalam teknik bermain, namun tak ada permainan 'sekedar basa-basi' yang ditampilkan team saat bertanding.  Kemenangan demi kemenangan diperoleh dengan perjuangan yang tidak mudah.

Kemenangan team Garuda Muda U-19 adalah kemenangan seluruh masyarakat Indonesia, bukan kemenangan satu dua pemain. Seluruh masyarakat Indonesia  tentu memiliki  keinginan dan impian yang jauh lebih besar, yaitu team kesayangannya  menjadi jawara. Lantas salah siapa ketika “kemenangan” belum  berpihak kepada kita? Haruskah kita mencari kambing hitam di saat harapan yang kita lambungkan, memantul jatuh dan tak menghasilkan apa-apa?

Semangat juangpara pemain muda kita sangat  mencengangkan, membuat haru, sekaligus membangkitkan rasa persatuan secara tidak langsung  di antara kita semua. Jutaan orang bersorak, berseru, bernyanyi, melantangkan suara, menghiasi diri dengan berbagai atribut merah putih, menyatukan suara dan bangga menjadi   bangsa sendiri. Mereka membuktikan bahwa keseriusan berlatih dan disiplin yang kuat akan mengantarkan mereka kepada kemenangan.


Ketika pemain team pemenang  berhamburan merayakan kemenangan, yang kalah tertunduk lesu dengan raut wajah kecewa. Kita semua yakin tak seorang pun pernah memimpikan sebuah  kekalahan,  walau hanya dalam sebuah  uji tanding. 

Siapapun akan kecewa  manakala melihat  team yang   didukungnya  dan diharapkan meraih kemenangan harus dihadapkan pada suatu “kekalahan”. Tetapi percayalah, kekalahan selalu melahirkan jiwa besar dalam diri siapapun yang mau menerimanya dengan lapang dada. Kekalahan adalah sebuah proses menyakitkan yang tidak dapat diabaikan,  sebab dari kekalahan  kita akan terpacu  untuk   belajar mengecap manisnya sebuah kemenangan.

Ferdinand Sinaga, mantan pelatih,  menyatakan, "Jika kalian tidak bisa mendukung kami saat kami kalah, jangan pernah bersorak ketika kami menang!" Itulah kenyataan yang kita tampilkan, itulah penyebab mengapa bangsa kita yang kaya raya seringkali hanya menjadi bahan lelucon di antara bangsa-bangsa lain. Kita hanya ingin menang. Kita lupa bersyukur saat kita kalah. Dan hanya segelintir orang yang mafhum bahwa hanya dengan jiwa yang besar dan ketulusan kita bisa membangun negeri ini seperti cita-cita kita sedari dulu.

Kekalahan  terasa begitu menyakitkan karena  ekspektasi kita telah melampaui batas yang seharusnya kita pancangkan dengan sikap yang tak relevan. Bangsa  kita punya sejarah buruk dalam beberapa  hal yang  berhubungan dengan apa saja. Seringkali dalam kekalahan kita saling menyalahkan sehingga kita pun tergelincir dalam  kekecewaan yang lebih menyakitkan


Prestasi Garuda Muda U-19  merupakan angin segar bagi bangsa Indonesia dan patut di acungi jempol. Keseriusan, kerja keras, semangat juang, senantiasa bersyukur dalam kekalahan dan kebhinekaan Indonesia yang tercermin dari  team Garuda Muda seharusnya menjadi  sumber inspirasi bagi bangsa Indonesia  untuk membangun kekuatan bangsa, apapun kondisinya. Mari kita bersama-sama mendukung nilai-nilai kebaikan, memberikan kontribusi positif untuk kemajuan bangsa sesuai bidang atau kapasitas masing-masing, dan mencintai Indonesia dengan keikhlasan tanpa menuntut balasan apapun selain...  KEBAIKAN.

Bravo Kemenangan....

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!