Pengunjung Web

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini107
mod_vvisit_counterKemarin779
mod_vvisit_counterMinggu ini107
mod_vvisit_counterMinggu lalu9322
mod_vvisit_counterBulan ini31863
mod_vvisit_counterBulan lalu39080
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung1327879
Kami Memiliki: 69 guests online

Home Catatan Kaki MANAGEMENT WAKTU, itu Penting...... !
24
May
2015
MANAGEMENT WAKTU, itu Penting...... !

Kikie Nurcholik (sekjen Komunitas Printing Indonesia)

Tanpa   sadar  seringkali kita melakukan hal-hal yang  tak terlalu berdampakpositif bagi kita ataupun lingkungan kita, dan menjalaninya dengan keseriusan yang tinggi. Di sisi lain banyak hal yang dapat kita lakukan dan  berdampak positif, tetapi tidak  kita jalankan sama sekali.

Fondasi dari setiap usaha adalah pengaturan waktu dalam  melakukan berbagaikegiatan. Hal ini sangat penting mengingat  banyakpekerjaan  yang harus kita  lakukan, sementara waktu yang kita miliki sangat terbatas

Sebenarnya setiap kita memiliki waktu yang sama,  yaitu 24 jam dalam sehari. Orang sukses selalu memiliki waktu senggang, sedangkan  orang biasa-biasa saja selalu mengatakan  berikan waktu 34 jam sehari... karena selalu kekurangan waktu untuk menyelesaikan apa yang seharusnya  dilakukan.

Mereka yang sanggup menguasai waktu akan sanggup mengatur kegiatan dan bisa mengalokasikan waktu tersebut untuk hal yang penting-pentingsaja, sisanya dapat meminta bantuan kepada orang  lain, anggota team, atau siapapun yang dapat membantu untuk menyelesaikannya.

Lakukan dengan benar saat kali pertama (Do right thing in the first time). Pesan moral ini, saya terima saat bekerja di sebuah perusaahaan industri kimia yang berbasis di Bassel, Swiss,  sangat cocok dengan buku yang pernah saya baca “Seven Habit of Highly Efective People”, di mana di dalamnya disebutkan bahwa mereka yang suksesdapat  membagi kegiatan dalam kehidupan mereka dalam 4 kelompok,yakni : 1. Penting dan genting, 2. Penting tetapi tidak genting, 3. Genting tetapi tidak penting, 4. Tidak penting dan tidak genting.

Penting dan Genting

Hal penting adalahhal  yang  akan membawa dampak positif terhadapkita dan  lingkungan kita, dan jika  tidak dilakukan akan menimbulkan kerugian besar. Sedangkan hal  genting dan mendesak adalah hal yang jika tidak segera dilakukan akan  menimbulkan kefatalan. Dalam konsep usaha, sesuatu dikatakan genting jika tidak diselesaikan sekurang kurangnyadalam  1 pekan akan mengakibatkan hal yang fatal.Jadi, masalah penting dan genting, baik dari segi resiko maupun waktu,  perlu mendapat prioritas utamauntuk diselesaikan. Dalam mengahadapi keadaan krusial ini, mau tidak mau kita harus segera mengambil keputusandan tindakan yang cepat dan tepat, contoh : jika sakit bersegera untuk berobat.

Penting tetapi  Tidak Genting

Hal yang  berdampak positif dan besar bagi kita saat ini dan masa datang adalah penting, namun tak setiap hal yang penting bersifat genting. Hal penting tetapi tidak genting memiliki rentang waktu cukup panjang untuk dipikirkan dan ditindaklanjuti penyelesaiannya. Umumnya, hal penting tetapi tidak genting adalah semua hal yang bersifat pencegahandan perencanaan,  contoh : menulis apa yang akan kita lakukan dan melakukan apa yang kita tuliskan.

Genting tetapi Tidak Penting

Terkadang kita salah menentukan prioritas, apalagi dengan kemajuan teknologi saat ini dimana persaingan usaha semakin ketat dan  layanan instant menjadi suatu standar. Tidak jarang kita melengkapi usaha  dengan berbagai  peralatan canggih,  semakin sering menjawab pesan dan telepon karena semua dianggap penting.

Tips untuk menghindari kondisi ini adalahbertanyapada diri sendiri, “Apakah hal itupenting ..? Apa resikonya jika tidak dilakukan...?” Jika tidak beresiko atau resikonya kecil,“Adakah pihak lain yang dapat mengerjakan jauh lebih cepat dan lebih baik dari saya..?” 

Contoh : menghabiskan waktu untuk berbalas pesan di sosial media yang tidak berdampak serius terhadap  kehidupan kita; menjalankan hobby yang menguras waktu, tenaga, biaya  dan pikiran tetapi tak berdampak besar pada kehidupankita.

Tidak Penting  dan Tidak Genting

Siapapun dapat dengan mudah  mengenali kegiatan atau masalah yang satu ini karena tidak memberi dampak positif saat dilakukan dan tidak menimbulkan resiko apapun saat tidak dikerjakan. Namun anehnya banyak yang dengan serius menjalaninya, bahkan menjadikannya sebagai suatu rutinitas, contoh : menonton acara hiburan yang tidak menunjang perkembangan intelektual maupun mental yang sehat, turut serta dalam kelompok gosip yang sok gaul, selalu ragu untuk mengambil keputusan dan tindakan.

Selamat merayakan hari raya Imlek bagi Anda yang merayakannya. Mari kita  lakukan bagian terpenting dalam kehidupan  kita dengan tepat dan cermat. Salam.

 

 

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!