Pengunjung Web

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini141
mod_vvisit_counterKemarin779
mod_vvisit_counterMinggu ini141
mod_vvisit_counterMinggu lalu9322
mod_vvisit_counterBulan ini31897
mod_vvisit_counterBulan lalu39080
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung1327913
Kami Memiliki: 103 guests online

Home Catatan Kaki Printday dan Komunitas Printing Indonesia
21
Nov
2016
Printday dan Komunitas Printing Indonesia

 

PRINTDAY DAN KOMUNITAS PRINTING INDONESIA

Oleh : Kikie Nurcholik  - Sekjen Komunitas Printing Indonesia (KOPI)                

 

Hari Cetak Sedunia..!! Ternyata ada ya....!

International Print day baru saja dirayakan, tanggal 19 Oktober 2016, merupakan tanggal yang penting di dunia cetak, karena hari itu merupakan perayaan Hari Cetak sedunia, mungkin bagi kita pegiat dan pelaku grafika, International Print Day (di translasi dalam bahasa Indonesia menjadi Hari Cetak Sedunia) tidaklah asing.

Dengan harapan pasti tahun ini PRINTDAY Menyatakan “Kecintaan PadaDunia Cetak” dan dalam perayaan acara sedunia ini, para pegiat grafika berpartisipasi selama 24 Jam berbagi Pengetahuan Terbuka Secara Global Melalui Sosial Media Tweeter.

Tahun ini perayaan International Print Day bertemakan #PrintSmart, dimana bila kita klik di link tweeterselama 24 jam tanggal 18-19 Oktober kemarin, kita akan  terhubung dengan sesama pelaku grafika di dunia, berbagi informasi pendidikan dan pengetahuanselain semakin menambah kolega serta sumber daya untuk menambah wawasan tentang bagaimana dunia percetakantelah menjadi bagian besar di era digital ini.

#PrintSmart Juga berkaitan dengan pendidikan grafika, dimana dalam informasinya sangat membantu para siswa yang bergelut dalam kegrafikaan, melalui program Seni Desain Grafis misalnya, mempelajari lebih banyak tentang industri Grafika, dengan menggunakan kekuatan informasi teknologi yang berkembang,

Adalah  Tweeter dengan kode #IPD16 untuk dapat terhubung dengan mereka yang berkepentingan ini, informasi yang ada di dalamnya dapat pula membantu para pelaku pemula grafika yang baru saja lulus, dan selain membantu memberikan info program seni grafis, tentu saja iniuntuk mendapatkan beberapa pengakuan dari instansi yang sangat membutuhkannya.

#IPD16 - #PrintSmart_1-PMC

Dengan semangat "Print is Trend The Planet!" para peserta dan pegiat komunitas grafika sedunia ini melibatkan dirinya, melibatkan perusahaannya, pelanggannya, keluarganya dan teman-teman sesama pelaku grafika. Intinya Selain setiap kita dapat menambah ilmu pengetahuan, banyak sekali yang tergabung untuk saling berbagi info, dan luar biasa..! ternyata kondisi ini menciptakan lebih banyak penggemar cetak.

MISI International Printday,

Untuk memberikan pendidikan dan informasi cetak global dan komunitas pemasaran terpadu melalui komunikasi selama 24 Jam terbuka untuk sharing info dan ilmu pengetahuan, juga memberikan akses kepada tiap peserta tentang informasi perusahaan global, produk dan jasa. Selain memberikan kesempatan bagi setiap peserta untuk terhubung di jaringan global, PrintDay menjadi acara tahunan sebagai  pemersatu pelaku di industri grafika ini, dimana hal tersebut diciptakan oleh masyarakat untuk masyarakat, dan menggunakan media sosial untuk menyampaikan konten dan masukkan serta ide lainnya. Intinya International PrintDay Bertujuan untuk mengangkat Trend cetak di seluruh dunia

Saya bangga, pada tangal 19 Oktober itu, sebuah perayaan 24 jam penuh, International Day Print (IPD) telah membuka pintu virtual untuk masyarakat global dunia, dan semua orang diundang. Penyelenggara IPD ini mendorong siapa pun dengan minat dalam perkembangan teknology grafika yang lebih baik. Dari siswa, mahasiswa dan pelaku/pegiat grafika dan rantai pasokan dunia ke grafikaan, IPD menawarkan kesempatan bagi setiap pihak yang berkepentingan untuk berbagi pekerjaan dan informasi, selainberbagi momen dengan sesama penggemar, siapapun dapat bergabung melalui jaringan tweeter bergabung dengan hashtag (# IPD16), berinteraksi dengan pihak yang berkepentingan di seluruh dunia untuk berbagi informasi, pekerjaan cetak.

Dalam catatan saya tahun lalu, hashtag inipun juga terbuka dan luarbiasa dalam 24 jam lebih dari 27 juta rangkaian informasi yang dapat dibaca sebagai informasi dan trend di dunia cetak saat itu.

Di Indonesia, para pelaku grafika Indonesiaturut serta berperan dan mengambil kesempatan pada momen tersebut,Pimpinan Asosiasi Kegrafikaan, Pegiat dan Pelaku Grafika yang ada di Indonesiaturut bergabung dengan link komunitas cetak global ini, dan pada kesempatan yang sama juga tepat tanggal 19 Oktober menggelar perayaan Print Day yang dimotori oleh Majalah Printpack berkolaborasi dengan Xprints Indonesia(PT Astragraphia)di Holiday Inn Kemayoran Jakarta, juga digelar Talkshow yang bertajuk “Trend Cetak di Industri Digital” dengan para  narasumber Bpk  A Mughira Nurhani (Sekjen PPGI Pusat), Bpk Sahat Sihombing (Presdir Xprints Ind), Bpk Rudy D Muliadi (Direktur Indoploter) dan Bpk Herman Pratomo (Ketua Umum ATGMI) dimana di moderatori oleh Bpk Suhendra Marz (Pemred Majalah Printpack)

Kita di Indonesia, Komunitas yang gencar berbagi salah satunya adalah Komunitas Printing Indonesia (KOPI)beranggotakan lebih dari 19.500 orang di jejaring sosial Facebook yang saat ini sedang melakukan pemutakhiran database anggotanya,  thema Printday tahun ini sejalan dengan Visi dan Misi yang tertuang di dalam AD/ART KOPI dimana salah satunya berbagi informasi tanpa henti tentang dunia percetakkan.

Pada tanggal 1 Oktober ini telah dilakukan Kongres KOPI ke II yang digelar di sebuah institusi pendidikkan grafika Polimedia Kreatif Jakarta dimana memutuskan Bpk Drs Usman Batubara sebagai Ketua Umum KOPI periode 2016-2021, beliau adalah aktifis grafika yang aktif mengelola Majalah Grafika Indonesia Print Media sebagai Pimpinan Redaksi

Tetap Berbagi dan jangan hanya sekali... bergabunglah dengan Komunitas kita... Komunitas Printing Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!