Pengunjung Web

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini132
mod_vvisit_counterKemarin779
mod_vvisit_counterMinggu ini132
mod_vvisit_counterMinggu lalu9322
mod_vvisit_counterBulan ini31888
mod_vvisit_counterBulan lalu39080
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung1327904
Kami Memiliki: 94 guests online

Home Catatan Kaki TAKUT TIDAK BERHASIL
02
Jun
2017
TAKUT TIDAK BERHASIL

TAKUT TIDAK BERHASIL ...

 

Oleh : Kikie Nurcholik (Waketum III -  Komunitas Printing Indonesia)

Ada kata-kata bijak yang berbunyi, “Ketakutan adalah teman terbaik sekaligus musuh terburuk..” Apa makna kalimat tersebut?

Perasaan aman seharusnya dimiliki setiap kita, sehingga kita tidak perlu merasa  takut dan beranimelakukan sesuatu perbuatan selama dilakukan  dengan dasar pemikiran yang benar. Keberanian mengambil keputusan, mengemukakan isi pikiran, dan kebebasan berbicaradiperlukanuntuk menghadapi kehidupan yang begitu kompleks.Bahkan  hal ini  diatur  dan dijamin di dalam undang-undangyang berlaku di negeri ini.Namun kenyataannya, keberanian mengambil suatu keputusan atau tindakan seringkali  terhambat oleh rasa takut,  takut akan menuai kekerasan, takut tidak berhasil, takut menyinggung perasaan orang lain, dan sebagainya.

Semakin sering perasaan  takutitu muncul, maka akan semakin merisaukan dan  membuat irama hidup kita terganggu.  Padahal memupuk  rasa takut, kedukaandan tak henti menyesali sesuatu yang telah terjadi, tidak akan pernah mengubah keadaan. Hanya dengan berani bergerak, melangkah dan melakukan tindakan benar yang bisa mengubah  kedukaan dan rasa takut menjadi sesuatu yanglebih baik.

Setiap tujuan memiliki  jalan masing-masing, dan setiap jalan yang dilalui pasti ada hambatannya. Hambatan bisa timbul akibat  pengaruh dari luar maupun dari dalam diri sendiri. Pengaruh dari luar berupa masalah, sedangkan pengaruh dari dalam diri kita adalah perasaan takut dan ragu-raguuntuk melangkah.Untuk menghindari atau melawan hambatan tersebut, dibutuhkan solusi yang sebenarnya ada dalam diri kita sendiri, yaitu  kemauan danpembiasaan. Berikut beberapa cara menghindari Rasa TakutTidak Berhasil.

 

Tetapkan komitmen pada diri

Sebuah komitmen yang kuat akan memberikan motivasi kerja bagi seseorang. Orang yang memiliki komitmenkuatakan selalu berpegang teguh pada keinginannya untuk sampai pada tujuan, selalu ada goals, dan yakin tanpa dibayang-banyangi ketakutan.

Hindari kekhawatiran berlebihan

Dalam proses mencapai  tujuan, kadangkala rasa takut  muncul secara tiba-tiba. Hal itu  wajarterjadi, namun bukan untuk kita nikmati dan larut di dalamnya. Untuk itukita membutuhkan tekad dari dalam diri kitasendiriuntuk mengatakan bahwa,  “Rasa takut bukan siapa-siapa saya, saya harus terus berjalan”. Setelah itu,kita harus kembali  fokus pada tujuan yang akan kita capai.

Rubah persepsi kita tentang kegagalan

Semua orang ingin sukses dan tidak inginmengalamikegagalan. Namun keinginan sukses tidak seharusnya membuat anda tidak siap menghadapi  kagagalan. Setiap  orang sukses menanamkan  motivasiterhadap dirinya sendiri  bahwa “jika ingin sukses, harus siap menerima kegagalan”. Artinya, kegagalan adalah bagian dari perjalanan hidup anda menuju sukses. Jika kita mampu memandang kegagalan seperti ini, maka kita tidak akan merasa frustasi berlebihan saat mengalami kegagalan. Sebaliknya, kita menjadi tahan banting dan  tidakmudah  putus asa dalam menghadapi  berbagai  masalah.

Percaya diri dan buang keraguan

Perjalanan menuju kesuksesan tidak lepas dari rintangan dan hal itu wajarterjadi. Rintangan menimbulkan ketakutan, keraguan, atau stress, yang  akan membuat kita terus belajar dan  menambah pengalaman. Hal ini  merupakan bagian dari poses kita dalam membentuk kemandirian, rasa percaya diri dan kesiapan menghadapi tantangan-tantangan berikutnya. Yang terpenting adalah kita harus menyingkirkan  rasa takut yang tidak berdasar dan terus melangkah.

Memilih dengan tepat tanpa merasa terpaksa

Cara ini sangat sederhana,  namun jika terbiasa melakukannyakita akan merasa lebih tulus mengerjakan target-target yang “harus” kita selesaikan. Contohnya dengan  mengubah kalimat  “Saya harus melakukan pekerjan ini” menjadi “Saya memilih melakukan pekerjaan ini”. Dengan mengganti kataperintah menjadi kata pertimbangan, kita akan merasa plong dan tidak merasa terpaksa melakukan pekerjaan  atau mencapai target-target kita.

Buatlah daftar  pertanyaan untuk diri sendiri

Apakah impian saya cukup penting untuk mengubah kehidupan saya?Apakah saya mampu bertanggung jawab atas keputusan-keputusan yang saya ambil?Apakah saya memiliki cukup keberanian dan keuletan untuk meraih impian saya? Apakah saya dapat menerima bahwa rasa takut adalah bagian dari perjalanan saya, dan bisa terus melangkah untuk menggapai impian?

Untuk meraih kesuksesan, tidak cukup dengan melakukan yang terbaik. Terkadang kita harus melakukan apa yang diperlukan. Artinya,  penting \untuk kita bukan terletak pada apa yang kita peroleh, melainkan apa yang sangat ingin kita capai. Kita hidup untuk saat ini, kita bermimpi untuk masa depan, dan kita bekerja untuk mewujudkan kesejahteraan hidup.Tanpa kita sadari,  pada saat “bekerja”, kita telah melawan rasa takut... dengan melakukan perbuatan terbaik dan positif.... 

Selengkapnya terdapat pada majalah Print Media Indonesia Edisi 76 Mei-Juni 2017 

Majalah cetak bisa didapatkan di ratusan toko buku di Pulau Jawa, sedang E- Print Media nya dapat diunduh di SCOOP dan HIGO.

Info :

WA 0811808282

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!