Pengunjung Web

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini84
mod_vvisit_counterKemarin779
mod_vvisit_counterMinggu ini84
mod_vvisit_counterMinggu lalu9322
mod_vvisit_counterBulan ini31840
mod_vvisit_counterBulan lalu39080
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung1327856
Kami Memiliki: 46 guests online

Home Cetak Mencetak Printer Ragam dan Jenisnya
19
Feb
2014
Printer Ragam dan Jenisnya

Saat ini penggunaan perangkat  cetak cenderung  berkurang.  Hal ini dikarenakan semakin terbiasanya sebagian pengguna komputer membaca dan mendistribusikan dokumen dalam bentuk digital seperti PDF. Meskipun demikian bukan berarti perangkat cetak tidak dibutuhkan lagi, karena masih banyak kalangan masyarakat yang belum memanfaatkan  teknologi digital. Oleh karena itu, peralatan  cetak dalam bentuk fisik masih sangat dibutuhkan.

Berdasarkan penggunaannya,   jenis peralatan  cetak dapat digolongkan menjadi : Web yaitu  jenis mesin dengan media kertas dalam bentuk roll.  Jenis kertas ini biasanya digunakan untuk mencetak produk beroplah besar, di atas 20000 eksamplar, seperti : buku, koran dan tabloid.Offset, yaitu jenis mesin cetak yang menggunakan media  kertas lembaran mulai dari ukuran A3 hingga A0.

Plotter, yaitu jenis mesin  cetak berukuran  besar. Bentuknya hampir sama dengan printer, hanya saja ukuran lebarnya lebih besar, mulai dari 1 m hingga 6 m. Digital pres / print, yaitu jenis mesin cetak yang bentuknya mirip mesin photo copy. Mesin ini bisa mencetak di atas beragam media, seperti: kertas, sticker,  vinil ataupun crom.  Jenis mesin cetak ini biasanya digunakan untuk produk cetak  beroplah tidak terlalu besar. Jenis mesin cetak berikutnya adalah  Screen atau sablon serta Printer.

Mengingat cakupan pembahasan ini cukup luas,  maka kali ini difokuskan untuk membahas printer. Berbagai  merek dan type printer yang beredar di pasaran masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan dalam proses pencetakan. Berikut pembahasannya.

Printer Dot Matrix

Printer ini mencetak dengan cara diketuk seperti halnya mesin tik untuk warnanya menggunakan pita. Dengan menggunakan printer ini, cetakan dapat langsung dirangkap dengan karbon.

Dot matrix adalah system pembentukkan karakter dari sejumlah titik. Printer dot matrix mempunyai elemen yang terdiri dari jarum-jarum yang menekan pita sehingga dapat mencetak pada kertas.

Meskipun saat ini teknologi printer sudah semakin canggih, namun printer dot matrix masih diproduksi. Sebab printer dot matrix dapat digunakan untuk mencetak dokumen tembusan, yang biasanya digunakan untuk membuat Continues Form, kwitansi, bon, dan dokumen yang sudah ada cetakan lainnya seperti StopmapAmplop, dll.

Keunggulan :
Dapat mencetak rangkap sekaligus. Dapat mencetak pada ukuran kertas yang lebar. Biaya printer dan tinta murah.
Kelemahan :
Dpi dan ppm rendah, gerak sangat lamban, suara berisik ketika bekerja, dan warna yang dihasilkan tidak bervariasi.

Thermal Printer

Printer jenis ini dapat anda temui di meja kasir  supermarket atau toko swalayan, bahkan  di kios-kios dan warung.

Kualitas thermal printer hampir sama dengan dot matrix. Thermal printer menggunakan panas dan bukan ketukan atau impact. Kelebihan  thermal printer dibandingkan printer dot matrix adalah tidak berisik dan mempunyai kecepatan tinggi. Sedangkan  kelemahannya adalah harus menggunakan kertas khusus thermal (umumnya permukaan licin dan dalam bentuk roll).

Buble Jet

Printer ini terhitung cukup mahal. Meskipun gambar yang dihasilkan  menyerupai hasil cetakan film,  tetapi  belum dapat mencetak pada ukuran kertas yang besar. Printer ini dapat digunakan langsung dengan kamera tanpa perantara komputer. Karena selain dilengkapi dengan konektor USB, juga dilengkapi dengan card reader. Saat ini  sudah tersedia printer photo portable yang dapat digunakan sebagai slide show.


Keunggulan :

Stabil, respon dan suara sangat lembut. Dapat digunakan langsung dengan kamera tanpa perantara komputer.

Kekurangan :

Cartridge mahal, hasil menggenang apabila terkena air.

Bagaimana dengan Printer InkJet , Laserjet, Interface Printer, Printer Plotter/ Wide Format Printing, Printer DTG (Direct to Garment ) ??

Selengkapnya di Majalah Grafika Indonesia Print Media Edisi 56 Januari - Februari 2014

 

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!