Pengunjung Web

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini74
mod_vvisit_counterKemarin779
mod_vvisit_counterMinggu ini74
mod_vvisit_counterMinggu lalu9322
mod_vvisit_counterBulan ini31830
mod_vvisit_counterBulan lalu39080
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung1327846
Kami Memiliki: 36 guests online

Home Cetak Mencetak RAGAM TEKNIK CETAK
25
Oct
2014
RAGAM TEKNIK CETAK

Industri percetakan telah berkembang selama dua dekade terakhir, dan sejarah mencatat berbagai  jenis teknik cetak bermunculan pada masanya. Di antara berbagai jenis teknik cetak tersebut, jenis cetak relief oleh sekelompok pengamat dianggap sebagai salah satu jenis teknik cetak tertua. Selanjutnya berkembang teknik cetak offset, dan belakang ini muncul jenis teknik cetak digital yang mampu memproduksi cetakan berkualitas tinggi dalam waktu relatif singkat.

Beberapa Jenis Teknik  Cetak

1. Thermography

Teknik  cetak thermographic ialah teknik  cetak yang menggunakan peralatan atau mesin yang   sangat bergantung pada  suhu panas (thermal printing) untuk memindahkan teks atau gambar ke media cetak yang digunakan. Proses thermal printing terdiri dari :

• Direct Thermal Printing Proses :  merupakan proses melapisi kertas dengan bahan yang berubah warna ketika dipanaskan.

• Thermal Transfer Printing Proses : merupakan proses yang  lebih kompleks di mana pita meleleh dari selembar kertas saat pemanasan. Hal ini juga dikenal sebagai termal transfer tinta cetak.

Proses Thermography Printing

Bubuk khusus disemprotkan pada lembaran kertas, setelah itu akan dihapus pada proses printing  di mesin cetak offset. Serbuk ini kemudian disedot keluar dari lembaran, kecuali yang terdapat pada gambar atau dicetak tinta tetap dibiarkan. Lembaran kemudian bergerak melalui terowongan panas, menyebabkan bubuk mencair dan meninggalkan jejak sesuai gambar disain, seperti di kartu nama atau amplop.

2. Screen Printing

Teknik screen printing (sablon) adalah tipe khusus pencetakan yang menciptakan gambar tajam dengan  menggunakan kain berpori dan bahan non-permeabel (stensil). Penggunaan teknik ini dapat ditelusuri pada awal abad ke-19 dan dikenal sebagai  teknik pencetakan layar, yang mendapatkan popularitas selama perang dunia pertama untuk pencetakan  spanduk dan bendera.

Proses Teknik Screen Printing

Layar yang terbuat dari kain  berpori, seperti  kain sutra, poliester atau nilon dibentangkan  di atas bingkai kayu atau aluminium. Disain gambar pada  area layar diblokir dengan bahan non-permeabel (stensil) dan  merupakan negatif dari gambar yang akan dicetak. Selanjutnya layar ditempatkan di atas selembar kertas atau kain dan tinta dituangkan ke atas permukaan  layar. Dengan sebuah pisau karet,  tinta disebarkan secara merata ke seluruh permukaan  layar. Tinta akan meresap melewati ruang terbuka di layar dan masuk  ke kertas atau kain di bawahnya, kemudian layar  diangkat.  Setelah dibersihkan, layar dapat digunakan ulang untuk proses pencetakan berikutnya.

Penerapan Screen Printing

Jasa sablon menggunakan dan kompatibel dengan berbagai bahan, termasuk tekstil, keramik, logam, kayu, kertas, gelas, dan plastik. Kualitas inilah yang memungkinkan teknik  pencetakan ini digunakan dalam berbagai industri,  seperti :  label produk pakaian, kain label untuk pencetakan papan sirkuit, dll.

3. Offset Printing

Offset printing adalah salah satu jenis teknik pencetakan yang paling umum digunakan di berbagai  industri. Meskipun proses pencetakan dengan mesin cetak ini membutuhkan nominal yang cukup besar, mengingat peralatan yang mahal dengan tingginya biaya set-up, namun teknik cetak offset tetap diminati karena kualitas cetak yang tinggi dan volume cetak yang besar.

Proses Offset Printing

Proses offset printing pada dasarnya menyebarkan tinta pada pelat logam yang telah  terukir teks  atau gambar, kemudian ditransfer ke permukaan perantara (karet selimut). Dari karet selimut gambar  diterapkan pada kertas dengan menekannya pada  permukaan menengah (karet selimut).

Jenis Offset Printing

• Sheet Fed Offset Printing

• Web Offset Printing

Manfaat Offset Printing

• Teknik ini dapat digunakan pada berbagai media cetak, seperti : kertas,  kayu, kain, logam, kulit.

• Pelat lebih tahan lama.

• Kualitas gambar yang tinggi, tajam, bersih dan konsisten.

• Kualitas lebih baik daripada huruf cetak.

• Kemudahan dalam produksi pelat.

Penggunaan Offset Printing

Offset printing adalah salah satu teknik percetakan komersial yang paling banyak digunakan untuk sejumlah produk, seperti:  kalender, buku, surat kabar, dokumen bisnis,  dokumen hukum dan lain-lain .

4. Pencetakan Letterpress

Teknik pencetakan letterpress merupakan salah satu teknik pencetakan tertua yang digunakan sejak abad ke-13. Johann Guttenberg diketahui telah memperkenalkan teknik cetak ini pada abad ke-14, mulai dari individu-cast, kemudian reusable jenis huruf ditetapkan bersama-sama dalam bingkai. Dikenal sebagai tipografi pencetakan teknik komersial  karena mampu ...


Selengkapnya di Majalah Grafika Indonesia Print Media Edisi 60 September - Oktober 2014

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!