Home Cetak Mencetak Teknik Wet on Wet Dalam Screen Printing
06
Apr
2020
Teknik Wet on Wet Dalam Screen Printing

Dalam industry screen printing atau lebih dikenal dengan sablon, terdapat banyak ragam teknik pencetakan yang bervariasi. Salah satu teknik tersebut adalah cetak basah atau wet on wet printing. Dengan teknik ini, anda akan mencetak setiap warna secara berurutan tanpa harus mengeringkan warna sebelumnya terlebih dahulu. Tetapi pada bahan berwarna gelap, pencetakan basah cenderung akan menyebabkan hasil cetak yang tidak baik.

Biasanya dalam menerapkan teknik basah ini, tinta yang digunakan adalah tinta plastisol. Untuk menggunakan teknik wet on wet printing ini, yang perlu diperhatikan adalah ukuran mesh saringan screen sablon. Mesh(M) merupakan ... dst 

 istilah yang biasa dipakai di Eropa. Penghitungannya adalah .... dst

Nah, untuk pencetakan wet on wet, penggunaan jumlah mesh yang lebih tinggi akan menghasilkan gambar dengan jumlah penumpukan tinta yang tidak terlalu banyak dibawah screen.

Selama proses pencetakan berlangsung lama, anda mungkin harus sering menghapus bagian bawah layar secara berkala karena adanya penumpukan tinta. Sering kali masalah ini tidak dapat dihindari bahkan saat menggunakan jumlah mesh yang tinggi.

Banyak pabrik tinta yang memiliki formulasi tinta yang dibuat khusus untuk pencetakan basah. Silakan anda bereksperimen dan mencoba sendiri apakah tinta yang diformulasikan khusus ini akan membantu proses cetak yang anda lakukan.

*Bams

Sumber: screenprinting-aspa

Selengkapnya terdapat pada majalah cetak dan on line Indonesia Print Media edisi 93 Maret-April 2020

Info : WA 0811808282

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!