Pengunjung Web

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini950
mod_vvisit_counterKemarin790
mod_vvisit_counterMinggu ini3145
mod_vvisit_counterMinggu lalu6614
mod_vvisit_counterBulan ini16820
mod_vvisit_counterBulan lalu31166
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung1383363
Kami Memiliki: 29 guests online

Home
20
Apr
2017
Ikeuchi Bantu Industri Printing Cegah Kebakaran

Ikeuchi Bantu Industri Printing Cegah Kebakaran

Industri jasa printing atau percetakan, baik offset, web maupun grafure, adalah jenis industri atau usaha yang rawan akan kebakaran. Kerawanan dikarenakan jenis usaha percetakan banyak menggunakan  aliran listrik untuk menjalankan mesin yang dapat menimbulkan resiko terjadinya percikan api, serta penggunaan bahan kimia dan material, seperti : tinta, kertas, plastik dan lain-lain yang mudah terbakar. Resiko terjadinya kebakaran semakin  bertambah  dengan adanya  sikap kurang disiplin  oknum  karyawan yang suka  merokok pada saat bekerja  dan membuang puntungnya di sembarang tempat.

............................ selengkapnya klik judul (link) di atas ...........................

Peristiwa kebakaran usaha percetakan  di Indonesia hampir terjadi setiap tahun, yang berakibat kerugian yang tidak sedikit, bahkan tidak jarang membuat usaha percetakan tersebut  gulung tikar atau tutup. Gulung tikarnya suatu usaha percetakan bukan hanya merugikan pemilik usaha, tetapi para pekerja percetakan tersebut juga terkena imbasnya, yaitu kehilangan pekerjaan.

Dalam upaya mencegah dahsyatnya efek kebakaran pada sebuah usaha, pemerintah melalui  Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia menetapkan peraturan yang sampai saat ini  masih berlaku, yakni peraturan No. KEP-186/MEN/1999, tentang pembentukan Unit Penanggulangan Kebakaran pada Tempat Kerja, seperti usaha percetakan.

Alat atau media  yang paling sesuai digunakan untuk mengatasi  kebakaran pada industry percetakan  adalah dengan menggunakan alat pemadam kebakaran  dengan media gas karena tidak meninggalkan residu.  Hal ini penting mengingat industry percetakan termasuk clean industry, yang mengharuskan kebersihan dalam bekerja,  khususnya dalam operasional  mesin cetak.

Penyebab utama timbulnya kebakaran adalah adanya atau bertemunya  elemen-elemen : panas, bahan bakar, dan oksigen,yang biasa disebut “Segitiga Api”. Cara mengoperasikan alat pemadam kebakaran untuk industry percetakan adalah  dengan menyemprotkan gas  ke titik api yang membakar mesin cetak sehingga salah satu unsur / elemen segitiga api akan hilang, api akan padam dan kebakaran serta kerugian yang lebih besar dapat dihindari.

Di percetakan biasanya terjadi kelebihan muatan statis (electron),  baik dari plastic film maupun solven / tinta, kertas atau yang lainnya, ditambah kondisi temperature yang tinggi atau kelembaban yang rendah,  maka benda-benda tersebut akan melepaskan electron / percikan statis / spark ke udara yang bisa menimbukan kebakaran. 

PT Ikeuchi Indonesia hadir di Indonesia untuk membantu para pengusaha percetakan untuk lebih waspada dan memberi solusi yang paling tepat dalam mengatasi bahaya bencana kebakaran dengan alat pemadam kebakaran yang bernama Dry fog AKIMist “E”.

Alat Dry fog AKIMist “E” ini memiliki fungsi ....................... selengkapnya terdapat pada majalah Print Media Indonesia edisi 75 Maret-April 2017.

info :

This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it   / Mobile (WA) 0811 80 8282