Home
29
Dec
2018
Alumni Grafika Reborn

ALUMNI GRAFIKA REBORN

Alumni Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Grafika Jakarta menggelar acara Faganja  (Forum Alumni Grafika Negeri) Reborn, yang diselenggarakan di lingkungan SMKN 7 Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu 14 Oktober 2018. Acara ini dihadiri oleh pejabat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan  Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, serta  alumni  dan pengajar (guru) yang pernah mendidik di sekolah tersebut.

Direktur Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Ir. M. Bakrun, MM. menyambut  baik dan mengapresiasi  penyelenggaraan  Faganja Reborn ini dan berharap forum alumni ini nantinya dapat  ikut berperan dalam mengembangkan ikon SMK.Lanjut Klik judul link di atas !!!

 

Menurut Bakrun, peran alumni yang pertama dan  sangat diperlukan adalah  turut  meningkatkan  kualitas pendidikan  peserta didik SMK tersebut. Alumni  banyak yang sudah  bekerja di dunia industri, sehingga dapat  memberikan saran mengenai  materi-materi pelajaran grafika yang sesuai dan yang sudah tidak sesuai  dengan perkembangan  industry saat ini.  Dengan demikian dapat dibuat sinkronisasi kurikulum, karena setiap tahun akan terjadi proses perubahan.

Peran   yang kedua adalah dorongan dari alumni,  yaitu  peran alumni dalam  meningkatkan kerja sama dengan dunia industri, dan juga bisa berperan dalam berbagai macam kegiatan terkait. Misalnya saja berperan serta dalam proses peningkatan kompetensi bagi alumninya nanti, bisa juga  berperan serta untuk meringankan beban sekolah  apabila ada program-program kompetensi  baru yang harus dikembangkan.

Dalam  pengembangan kompetensi  sekolah, khususnya SMK, harus ada peran serta berbagai pihak, pertama  pemerintah, kedua  sekolah, ketiga pemerintah daerah, ketiga  dunia usaha / industri, dan keempat adalah peran masyarakat yang di dalamnya termasuk  alumni. Peran alumni sangat diperlukan karena  mereka  tahu persis kesesuaian materi pelajaran yang pernah dipelajari di bangku sekolah  dengan  bidang  industry yang dijalaninya saat ini.

Terkait revolusi industri 4.0 yang sedang dilakukan pemerintah, Bakrun yakin para alumni sudah mempersiapkan diri, apalagi dengan kemajuan teknologi informasi yang berkembang saat ini.

“Saya yakin alumni tidak mau ketinggalan dengan teknologi informasi yang ada saat ini. Revolusi industri 4.0  tidak bisa kita bendung, pasti akan hadir juga. Maka  harus diperjuangkan agar  anak-anak kita kedepan melek  teknologi industri 4.0, dimana  terjadi  proses otomatisasi juga digitalisasi. Kalau kita bicara digitalisasi, ya seperti digital printing, desain grafis dan sebagainya,” pungkasnya.

Ketua Panitia penyelenggara Faganja Reborn, Anton Hariyadi, alumni Angkatan Tahun 1994, menuturkan acara yang dihadiri alumni SMKN 7 Grafika dari angkatan tahun 1970 hingga 2015 merupakan ajang silaturahmi  untuk mempererat hubungan antar alumni dari setiap generasi. Anton berharap acara ini akan terus berlanjut dan   kesolidan alumni tetap terjaga.

Hal senada juga dikatakan Rita,  pengajar (guru) di SMKN 7 Jakarta tahun 1980 – 2000, yang saat ini menjabat Ketua Sekolah Tinggi dan Ilmu Pendidikan di Pondok Gede, Bekasi. Beliau   menyambut baik digelarnya acara Faganja Reborn dan  berharap kegiatan  ini dapat terus berlanjut, sehingga  terjalin hubungan komunikasi, saling memberi informasi, yang bermanfaat baik bagi institusi pendidikan,  siswa maupun alumni.(ton)

Selengkapnya terdapat pada majalah cetak dan on line INDONESIA PRINT MEDIA edisi 85 Nov-Des 2018

 

Info : WA 0811808282