Home
28
Mar
2020
Memadukan Teknologi Augmented Reality Dengan Kemasan

Augmented reality (AR) perlahan-lahan menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Apakah itu untuk melihat lebih banyak informasi , konten dan lain sebagainya. Tetapi bagaimana AR cocok dengan sektor pengemasan?

Dalam era digital saat ini, AR dapat memainkan peran penting dalam industri pengemasan. Solusi pengemasan pintar dan digital dapat memecahkan beberapa masalah yang terjadi , termasuk keberlanjutan dan interaktivitas merek, dengan AR memainkan peran penting. Mikela Eskenazi dari AR, seorang praktisi teknologi  dari Blippar membahas bagaimana menurutnya augmented reality akan memadukan dunia pengemasan.

Melalui platform augmented reality, customer dapat mengarahkan smartphonenya ke objek dan gambar, dan akan muncul bermacam ... dst.

 informasi atau konten lainnya. Itu overlay lapisan digital di atas kemasan. Melalui AR, produsen dapat memberikan informasi lebih tentang produknya kepada konsumen. Misalnya, kemasan obat. Banyak konsumen yang mengeluh dengan tulisan-tulisan yang terdapat dalam kemasan obat. Tulisan-tulisan tersebut sangat sulit dibaca karena terlalu kecil, menyesuaikan dengan bentuk kemasannya. Dengan AR, produsen kemasan obat tersebut dapat menambahkan informasi yang lengkap mengenai petunjuk pemakaian, dosis, dan lain sebagainya.

Saat ini semua informasi berada dalam satu genggaman tangan melalui smartphone. Augmented reality menjadi cara yang efisien untuk menghubungkan antara informasi melalui media digital dengan produk dan kemasan secara fisik tanpa menghilangkan nilai estetika sebuah kemasan. Customer mengharapkan lebih banyak informasi tetapi tidak didapatkan karena terbatasnya ruang pada selembar kemasan. Dengan augmented reality, produsen dapat memasukkan informasi dengan lengkap melalui smartphone.

Keuntungan penggunaan AR lainnya adalah elemen lingkungan. Dengan mengoptimalkan transfer informasi dari kertas ke digital maka produsen ... dst

Ada juga personalisasi. Jika saya melihat pengemasan, saya akan memiliki informasi seputar selera saya, tentang persyaratan kesehatan saya, dan mereka akan sangat dipersonalisasi bagi saya. Sekali lagi, ini mengubah hubungan antara merek dan konsumen. Itu membuatnya jauh lebih dalam dan lebih pribadi, yang jelas merupakan hal yang sangat baik.

*Bams

Sumber: Packaging Gateway

Selengkapnya terdapat pada majalah cetak dan on line Indonesia Print Media edisi 93 Maret-April 2020

Info : WA 0811808282