Home Fokus Berita
Cetak Emboss dan Deboss


Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai salah satu efek dalam dunia percetakan yaitu emboss & deboss. Emboss merupakan sebuah proses akhir setelah cetak yang membuat hasil cetak timbul keluar. Sementara deboss membuat hasil cetak masuk ke dalam.

Cetakan emboss berasal dari logam yang dihasilkan melalui proses cukil yang disebut klise. Cetakan itu terdiri dari dua bagian, yaitu bagian yang menonjol dan bagian yang cekung ke dalam. Selanjutnya media cetak yang akan di emboss diletakkan di antara cetakan yang menonjol dan cekung.

Sebaliknya, deboss yang memberi hasil akhir berupa hasil cetak yang masuk ke dalam dilakukan dengan cara yang sama dengan emboss namun dengan menukar posisi cetakannya, yaitu bagian yang menonjol dan cekung. Ketinggian ataupun kedalaman dari emboss atau deboss dapat diatur sesuai kebutuhan. Kertas dengan gramatur yang lebih besar akan menimbulkan efek emboss dan deboss yang lebih jelas.

 
Mengelola warna khusus

Mengelola Warna Khusus

Ide dan klarifikasi tentang aspek-aspek kritis manajemen warna spot dari simposium Fogra baru-baru ini tentang EKG.

Leitmotiv konferensi Fogra tahun ini adalah pencetakan multicolor, yang biasa kita sebut sebagai "hexachrome". Istilah teknisnya adalah ECG (Extended Color Gamut) meskipun EGP (Extended Gamut Printing) juga digunakan.

Warna dan gamut

ECG Nama Extended Color Gamut menunjukkan bagaimana seseorang dapat memperluas jangkauan warna warna yang dapat diproduksi dalam proses pencetakan dengan menambahkan warna spot yang mungkin monopigmentasi dan karenanya murni. Ini adalah basis dengan hanya satu pigmen, bukan campuran dari dua atau lebih tinta / pewarna: aspek teknis terkait dengan kualitas bahan baku yang tersedia dan khususnya untuk kemurnian tinta.

 
EKSISTENSI PRIMAGRAPHIA SATU DEKADE
Friday, 11 May 2018 10:19

Melewati masa-masa tersulit dalam merintis sebuah perusahaan, kerap dialami oleh sejumlah pengusaha. Butuh kegigihan serta perjuangan ekstra untuk dapat menempuh berbagai rintangan yang dihadapi untuk mencapai titik kemenangan.

Selain itu juga, perlu waktu yang sangat panjang untuk mempertahankan sebuah perusahaan hingga dikenal dan menjadi spesialisasi di bidangnya. Seperti yang kini dirasakan oleh perusahaan yang bergerak di bidang industri percetakan, Primagraphia Digital Printing.

Belum lama ini, Primagraphia telah berhasil menggelar sebuah selebrasi yang sangat fenomenal dan belum pernah terjadi sebelumnya. Selebrasi itu ditandai dengan perayaan satu dekade (10th) masa kejayaan Primagraphia di industri percetakan digital dan printing.

 
Kualifikasi Karton Box
Wednesday, 18 April 2018 10:51

KARTON BOX

Karton box adalah salah satu kemasan berbahan baku kertas yang menggunakan bahan baku dengan kandungan daur ulang paling tinggi dibandingkan dengan jenis kemasan lainnya. Sekitar 75% karton box yang diproduksi seluruh dunia menggunakan kandungan bahan baku daur ulang antara 70 – 100 %. Kondisi resesi ekonomi saat ini yang terjadi di Eropa dan Amerika menyebabkan penurunan daya beli masyarakat di kedua benua tersebut sehingga peredaran produk ekonomi yang menggunakan karton box secara kuantiti juga berkurang yang berakibat bahan baku daur ulang untuk memproduksi kertas karton menjadi berkurang secara signifikan. Berdasarkan data asosiasi kemasan karton di Eropa menunjukan bahwa kualitas bahan baku untuk memproduksi karton box di Eropa sudah sama dengan kualitas bahan baku di Asia, hal ini disebabkan karena membanjirnya produk-produk yang datang dari Asia ke Eropa. Teknologi memproduksi kertas saat ini dengan menggunakan bahan baku daur ulang sudah memungkinkan untuk mendapatkan kualitas kertas kemasan dengan bahan baku yang berasal dari tumbuhan. Hal ini terus dikembangkan agar produksi kertas industri tidak lagi menjadi salah satu sumber dari pengrusakan hutan yang sudah dimulai dari beberapa dasawarsa yang lalu.

 
Epson Luncurkan SureColor SC-F9330 Printer Tekstil Generasi Terbaru
Friday, 05 January 2018 10:34

Bandung, 08 November 2017 – Epson Indonesia meluncurkan produk terbarunya, SureColor SC-F9330 yang dirancang untuk kapasitas produksibesarpada kecepatan tinggi yang dapat digunakan untuk pakaian, tekstil dan soft signage, serta barang dagangan yang lainnya.

SureColor SC-F9330 sebesar 64 inci, yang diciptakan untuk pengoperasian dengan downtime yang rendah, memberikan kualitas cetak yang superior pada tingkatkecepatan 108,6m2 / jam dengan dualprintheadPrecisionCore dan sistem tangki tintanya. Produk ini lebih cepat dalam produksi setidaknya 28% dibandingkan pendahulunya, yaitu SC-F9270.

Dengan sistemintegrated new fabric wipingyang dapat mengurangi biaya perawatan, printer SC-F9330 dilengkapi pula dengan sistem media roll-to-roll dengan akurasi reelyang tinggi untuk meningkatkan produktivitas dalam memproseskertas transfer ringan hingga 40g /m2. Bentuk platen yang dioptimalkan pada produk ini dapat mengurangi pengikisan, selain itu adanya pelindung printhead baru melindungi dari permasalahanhead strikes.

Printer SC-F9330 yang baru hadir dengan teknologi Precision DotmeliputiHalftone Module, Look-Up Tables dan teknologi Micro Weave. Dengan adanya teknologi tersebut memastikan peningkatan gradasi warna yang halus dan kualitas cetak yang luar biasa.

 
Asean Newspaper Printers Ulas Keberadaan Cetak Media ASEAN di Jakarta September 19th – 21st ; 2017

Asean Newspaper Printers pada pertengahan September lalu tepatnya pda tanggal 19-21 September 2017 mengdakan konferensi untuk membahas keberadaan industry cetak Koran di Shangrila Hotel Jakarta. Gramedia Printing menjadi tuan rumah dalam acara konfrensi Newspaper Printers se-ASEAN tersebut dan Kompas Gramedia selaku partner dari ANP di Indonesia mengundang para praktisi dan akademisi untuk mengikuti seminar selama 3 hari tentang perkembangan Printing Industri di dunia, terutama di ASEAN. Konferensi yang diikuti oleh beberapa perusahaan besar seperti Fujifilm, FERAG, Kodak, AGFA, HP dan masih banyak lagi partner ANP yang memberikan materi selama seminar ini berlangsung. Sebagai members atau anggota dari ANP yang antara lain terlihat hadir dalam konferensi tersebut antara lain iGramedia Printing Group (Indonesia), Malay Mail (Malaysia), Singapore Press Holdings (Singapura), Thanh Nien (Vietnam), Best Colour, Co Ltd (Myanmar), Temprint (Indonesia), Temprina  Jawa Post Group (Indonesia) dan masih banyak lagi.

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 Next > End >>

Page 1 of 8

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!