Pengunjung Web

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1424
mod_vvisit_counterKemarin1374
mod_vvisit_counterMinggu ini6630
mod_vvisit_counterMinggu lalu8296
mod_vvisit_counterBulan ini22527
mod_vvisit_counterBulan lalu36128
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung1279463
Kami Memiliki: 41 guests online

Home Fokus Berita EFI INSTAL FabriVU 340 DI INDONESIA
07
Jun
2017
EFI INSTAL FabriVU 340 DI INDONESIA

 

Dalam kunjungan Mr. Frank Mallozzi, Senior Vice President, Worldwide Sales and Marketing dari kantor pusat EFI (Electronics For Imaging)di Fremont, United State of America, ke Indonesia awal Maret 2017 lalu, yang didampingi oleh Ibu Imelda Halim, Representative EFI Indonesia, Pemred majalah Print Media Indonesia, Usman Batubara,  berkesempatan mengadakan wawancara dengan  beliau di Pullman Hotel Jakarta. Berikut  petikan wawancaranya.

Bagaimana perkembangan bisnis EFI pada tahun 2016 ?

Dari laporan keuangan masing-masing produk pada  tahun 2016 hasilnya sangat bagus, EFI dapat memenuhi target sebagaimana planning  di awal tahun. Pada tahun 2016 EFI berkembang sangat pesat, sesuai target perkembangannya mencapai dua digit, yakni 12 % secara global dan 26% untuk pasar Asia Pacific termasuk Indonesia, dan persentasi perkembangan dimaksud tidak hanya pada pasar inkjet, tetapi juga mencakup bidang pengemasan, textile, ceramic tile printing, dan lain-lain.

Pada  tahun 2015 EFI mengakuisisi dua produk, yakni MATAN dari Israel dan Reggiani dari Italy. Kedua produk ini memiliki pangsa pasar yang sangat bagus. Sedangkan  VUTEK yang sejak tahun 2005 sampai saat ini (12 tahun)  tetap menjadi produk andalan EFI.  Pada Drupa 2016 lalu EFI meluncurkan mesin untuk produk kemasan, yakni EFI Industrial Single-Pass Technology dan EFI Jetrion Digital Label Printers.

Kami mengetahui EFI meluncurkan banyak teknologi dan produk baru tahun lalu dalam even Connect? Dapatkah  Anda menjelaskan apa saja hal baru tersebut?

Dalam even Connect awal tahun 2017 EFI meluncurkan Vutek 5R dan 3R yang menerapkan  teknologi  printhead ricoh generasi 5 dengan drop ink 7 pico liter serta dilengkapi dengan beragam solusi dan aplikasi, seperti  inline finishing  dan ID barcode. Selain roll to roll printer,  Vutek 5R dan 3R juga memiliki keunikan tersendiri jika dibanding dengan produk competitor, antara lain warna merah menyala yang sangat cocok dengan pasar Indonesia. Keunggulan lain mesin ini  adalah memiliki ukuran besar yang mampu mencetak hingga 5,3 meter tanpa sambungan,  demikian juga dengan tinta UV-nya yang cenderung glossy. Beberapa produk EFI yang saat ini sedang booming di pasaran antara lain : Matan 8Q saat ini berubah nama menjadi Matan 5, dan Vutek 5R, produk EFI yang baru direlease pada even Connect di Las Vegas Januari 2017 lalu.

Kami mendengar tentang kerjasama antara EFI dan Xerox, bagaimana dampaknya terhadap Indonesia? Jika ada di bidang apa?

Ya, EFI ada kerja sama dengan Fuji Xerox. Sebagaimana dimaklumi Fuji Xerox lebih fokus pada bidang pemasaran, sedangkan  EFI lebih fokus dalam bidang produksi. Hal ini akan membantu memudahkan tersedianya beragam kebutuhan sarana dan prasarana cetak di Indonesia. Selain itu juga diyakini bisa mendukung para pengusaha untuk mampu menciptakan beragam cetakan berkualitas tinggi, cepat dengan biaya yang kompetitif.

Bagaimana EFI melihat pasar Indonesia?

Indonesia memiliki kekhususan dibanding negara lain. Selain pangsa pasarnya besar, persaingan harga yang sangat kompetitif, maka upaya-upaya kreatiflah yang menjadi solusi. Karenanya EFI memberikan penawaran khusus untuk pasar menengah ke bawah untuk mampu berproduksi dengan baik. Dari itu EFI berupaya memiliki porto polio yang lebih lengkap dengan memproduk beragam kebutuhan cetak mulai dari tinta, software, hingga mesin cetak, untuk mendukung para pengusaha agar mampu bersaing dengan baik.

Solusi EFI kini tergolong lengkap, ada pabrik, tinta, software, dan mesin cetaknya. Jenis mesinnya juga sangat bervariasi mulai dari yang kecil hingga yang besar, dan dapat digunakan pada beragam media, seperti : kertas, vinil, tekstil, stiker, keramik, kaca dan lain-lain. Adapun produk-produk unggulan EFI antara lain : EFI Industrial Single-Pass Technology, EFI VUTEk Superwide Printers, EFI Superwide Roll-to-Roll Printers, EFI Wide Format Printers, EFI Jetrion Digital Label Printers, EFI Cretaprint Ceramic Tile Printers, EFI Reggiani Textile Printers, Fiery for Inkjet, Genuine EFI Inks & Coatings.Dalam waktu dekat mesin cetak EFI FabriVU 340 melalui dealer NU-SIGN akan diinstal di EPH Jakarta, penginstalan mesin jenis baru ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Apa komitmen dan fokus EFI di Indonesia untuk tahun 2017?

Dealer EFI untuk pemasaran produk di Indonesia   ada 2 perusahaan,  yakni : NU-SIGN dan Aneka Warna. Pasar Indonesia, khususnya untuk Soft Signage, diprediksi  akan mengalami perkembangan yang pesat. Untuk pengembangan pasar di Indonesia, supaya lebih maksimal, EFI akan memberikan berbagai dukungan termasuk menyediakan tenaga ahli / teknisi untuk melayani kebutuhan konsumen. Dan perlu diketahui juga bahwa keuntungan EFI sebagian didedikasikan untuk riset dan pengembangan (R&D).

Apa rencana EFI ke depan?

Ke depan untuk pengemasan,  khususnya corrugated, EFI akan menyiapkan dan memaksimalkan software workflow packaging agar bisa berproduksi lebih maksimal, sedang untuk ceramic tile printing yang tergolong sangat tinggi perkembangannya, hingga kini terus diinstal di berbagai daerah di Indonesia. Pengusaha yang menjadi konsumen EFI  umumnya senang dengan jenis mesin ini karena cetakannya stabil, high quality, serta mampu mencetak multiple dengan dukungan purna jual yang baik dari EFI.

Capaian bisnis  EFI sejak  tahun 2015 mencapai 880 juta USD, dan pada tahun 2016 mencapai 920 juta USD dari target 1 Milyar USD. Capaian ini sedikit meleset karena adanya perbedaan persepsi pada  nilai tukar mata uang, secara umum perkembangannya mencapai dua digit, dan untuk tahun 2017 diharapkan capaian EFI dapat lebih baik. Demikian penjelasan Mallozi.

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!