Pengunjung Web

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini104
mod_vvisit_counterKemarin779
mod_vvisit_counterMinggu ini104
mod_vvisit_counterMinggu lalu9322
mod_vvisit_counterBulan ini31860
mod_vvisit_counterBulan lalu39080
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung1327876
Kami Memiliki: 66 guests online

Home Jendela Berita 10 Tahun Indonesia Print Media
04
Dec
2013
10 Tahun Indonesia Print Media

indonesia print media majalah grafikaVisi & Misi majalah Indonesia Print Media : “Tercipta percepatan dan pemerataan informasi kegrafikaan, terbinanya peningkatan kualitas / kuantitas produk cetak dalam kerangka budaya pasar yang sehat yang mengarah pada peningkatan pencerdasan dan kesejahteraan bangsa.”

Indonesia Print Media adalah majalah yang mengulas seluk beluk dunia grafika, khususnya di Indonesia, dan  terbit setiap dua bulan. Majalah ini  diterbitkan oleh Yayasan Pengembangan Grafika & Media (YPGM) di bawah pimpinan  Ir. H. M. Fauzi Lubis. Saat ini Indonesia Print Media dapat dikatakan  majalah grafika tertua di Indonesia.

Edisi perdana majalah ini terbit pada 7 November 2003 dengan almarhum H. N. Nasution bertindak sebagai Pemimpin Redaksi,  ditandai dengan pemotongan tumpeng di hadapan sekitar 70 orang pengusaha grafika. Pada awal penerbitannya, kantor  redaksi majalah ini berlokasi di Cilegon  sedangkan kantor  pemasarannya di Jakarta. Tetapi hal ini tidak berlangsung lama, karena pada paruh semester pertama kantor redaksi  dipindahkan dan disatukan dengan kantor pemasaran  di  Jakarta. Pada periode  ini almarhum Ir. Triwiharto  bertindak sebagai Pemimpin Redaksi. Selanjutnya,  sejak tahun 2006 hingga kini majalah ini berada di bawah pimpinan Drs. Usman Batubara.

Penggunaan nama Indonesia Print Media,  tidak lepas dari pesatnya perkembangan teknologi grafika, printing, atau percetakan saat  itu, dengan media cetak yang semakin beragam,  seperti : kertas, karton, plastic, metallic, vinil, kayu, kain, keramik, gelas, dan sebagainya.  Selain itu,  latar belakang penggunaan nama  tersebut juga karena  faktor mudah diucapkan dan diingat, serta tujuan pemasarannya yang  dikhususkan untuk kawasan Indonesia. Dengan mengedepankan peliputan berita yang jujur, berimbang, memasyarakat,  serta artikel  disajikan dalam bahasa tulisan yang menarik dan sebagian besar (90 %)  berbahasa Indonesia, menjadikan majalah ini mudah diterima masyarakat grafika dari Sabang hingga Merauke.

Di era media on line  berjaya saat ini, sementara media cetak pelan-pelan mulai ditinggalkan, Indonesia Print Media mampu bertahan dan berkembang pelan tapi pasti memasuki usia 10 tahun, usia yang cukup matang untuk ukuran sebuah majalah. Indonesia Print Media terus menerus berbenah diri  menuju standar kesempurnaan produk sebuah majalah. Pembenahan antara lain dilakukan pada jadwal terbit. Jika pada awal berdirinya majalah ini terbit setiap tiga bulan, maka saat ini anda dapat memperoleh terbitan terbarunya  setiap dua bulan sekali. Kualitas materi atau media cetaknya pun terus ditingkatkan, dari semula   menggunakan kertas HVS 70 gram dengan cetakan black & white kini telah menggunakan matt paper 100 gram dengan cetakan full color untuk semua halaman.

Pada awal penerbitan,  majalah ini lebih banyak mengulas materi mengenai jenis cetak sablon dan offset yang saat itu merajai industri grafika di Indonesia. Seiring dengan perkembangan teknologi grafika saat ini, ulasan materi atau rubrik majalah ini pun  memiliki cakupan yang semakin  beragam, seperti : media print (kertas, kain, gelas, dll), teknik cetak web, offset, digital printing, dan pengemasan. Isi materi majalah diupayakan mencakup bidang  edukasi, informasi, dan perkembangan teknologi grafika. Di samping itu, Indonesia Print Media juga memuat dan membahas berita tentang regulasi, event dan profil usaha di bidang grafika yang dapat mendorong terciptanya iklim usaha yang sehat bagi dunia grafika Indonesia.

Dalam rangka mendorong peningkatan kualitas  dan pemerataan industri jasa cetak atau percetakan di tanah air, melalui  kontributor di beberapa daerah, seperti : Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan,  Sumatera dan Kalimantan Timur, serta menjalin  kerjasama dengan  beberapa instansi, lembaga, asosiasi serta perusahaan terkait,  sejak tahun 2012  Indonesia Print Media mengadakan polling tentang perusahaan  percetakan terbaik di berbagai daerah di tanah air.  Adapun  hasil POLLING TOP Print 2013 akan disosialisasikan  bersamaan dengan  HUT Indonesia Print Media ke-10, dan dipublikasikan   di Indonesia  Print Media edisi 55 November-Desember 2013.

Sesuai dengan  perkembangan teknologi dan sarana komunikasi, kini Indonesia  Print Media dapat diakses melalui : website : www.indonesiaprintmedia.com , Facebook : Majalah Grafika, Group Fb : Indonesia Print Media, SMS : 0812 8881 1831,  Bb : 3280DB90.

Terima kasih para Mitra

Ucapkan terima kasih yang tiada terhingga disampaikan kepada para mitra seperti Cemani Toka perusahaan tinta cetak yang senantiasa percaya dan menjalin kerjasama sejak berdiri hingga sekarang melalui pemasangan iklan di majalah Print Media, Para mitra lain untuk tahun ini adalah :  seperti : APMCI, Asaba (Develop), Astragraphia (Fuji Xerox), Bintang Cakra Kencana, Dell Pan Tunggal, FGD Forum, Golden CTP, Golden Wire, Inaprint, Link & Match, Kristamedia Exhibitions, KOPI, Metro Grafika Utama, Misty Exhibitions, Modern Internasional, Multi Print-Multi Finishing, Panorama Behe, Pentamapan Cemerlang, Perdana Jati Putra (Konica Minolta / Bizhub), PPGI, Sakata Ink. Sinar Exhibitions, Stanop Indonesia. Dan lain-lain dari luar negeri.

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!