Pengunjung Web

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini116
mod_vvisit_counterKemarin779
mod_vvisit_counterMinggu ini116
mod_vvisit_counterMinggu lalu9322
mod_vvisit_counterBulan ini31872
mod_vvisit_counterBulan lalu39080
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung1327888
Kami Memiliki: 78 guests online

Home Jendela Berita Printer 3D MakerBot Hadir di Indonesia
10
Oct
2014
Printer 3D MakerBot Hadir di Indonesia

Penggunaan teknologi digital semakin meluas.  Setelah digital printing seperti digital press dan  digital large format, belakangan ini kita juga disuguhi  teknologi digital tiga dimensi (3D). Distributor Perdana Occitek memboyong printer 3D berlabel MakerBot dari Amerika Serikat ke pasar Indonesia. "Kami dengan bangga memboyong brand printer 3D paling populer untuk mendukung industri kreatif di Indonesia yang kian tumbuh dan berkembang," kata Sugianto, Direktur PT Perdana Occitek pada pertengahan Juli 2014 di Penang Bistro, Jakarta.


Salah satu model printer 3D MakerBot yang diperkenalkan adalah Replicator 2, yang diklaim dapat mencetak mainan, suku cadang mesin, maket bangunan, dan lain sebagainya dengan sangat mirip menyerupai bentuk  aslinya dalam bentuk 3D.

"Dengan hadirnya printer 3D ini di Indonesia, para desainer dan arsitek dapat membuat prototipe karyanya untuk dipresentasikan di depan klien. Tak perlu menghabiskan waktu berlama-lama, cukup sekitar 15 menit, mereka dapat membuat karya 3 dimensi berukuran kecil," tambah Sugianto.

Mengenai spesifikasi, Replicator 2 mempunyai ukuran 11,2 x 6,1 x 6,0 inci, denganframeberlapis rangka baja dan sisi plastik PVC untuk membantu melindungi bagian yang bergerak.

Replicator 2 hanya bisa mencetak dengan menggunakan satu materi filament (kawat plastik). Sementara Replicator 2x mampu mencetak  menggunakan dua materi sekaligus dengan warna yang berbeda. Filament akan dipanaskan dan lelehannya ditumpuk lapis demi lapis membentuk produk 3D sesuai dengan yang sudah diprogramkan. Kedua printer ini mampu mencetak dalam resolusi 100 mikron.

Agar bisa dicetak, harus dibuat  file 3D dengan akhiran STL, OBJ, atau Thing. Untuk konversi atau membuat file 3D, digunakan software bawaan,yakni MakerBot MakerWare. Sedangkan file yang dibuat dengan software 3D dapat  diterima setelah dikonversi ke STL.

Jika mengalami kesulitan dalam membuat  sendiri desain  model 3D, anda  bisa mengambil desain 3D yang tersedia di komunitas MakerBot, yakni Thingiverse. File-file-nya dapat  diunduh tanpa bayar dan bisa disunting. Jika menginginkan versi berbayar juga tersedia di Store-nya, tapi sementara ini hanya dapat digunakan khusus untuk iPad saja.  Selain itu, anda juga dapat  men-scan produk sebenarnya dengan  scanner 3D besutan MakerBot, yakni Digitizer

Untuk menjalankan perangkat ini, lanjut Sugianto, diperlukan perangkat lunak bernama MakerWare yang membantu menyederhanakan tindakan obyek pencetakan. Printer ini sendiri dikatakan kompatibel dengan sistem operasi Windows XP/7, Ubuntu Linux, dan Mac OS X.

"Melalui printer 3D ini pengguna bahkan dapat drag dan drop beberapa model menjadi sebuahplatform virtual dan skalanya secara simultan. Mereka bahkan dapat membuat benda 3D seperti yang diinginkan dari gambar aslinya," paparnya.

Selain seri Replicator 2, Perdana Occitek juga memperkenalkan Replicator 2X dengan dimensi 9,7 x 6,0 x 6,1 inci dan memiliki keunggulan mampu mencetak dalam dua warna dan bahan plastik ABS dan PLA.

Mengenai harga, Sugianto menyebut Replocator 2 dibanderol US$ 3.000 atau sekitar Rp 35 juta, sementara Replicator 2X dijual seharga US$ 4.000 atau Rp 47 jutaan. "Harga yang ditawarkan belum termasuk pajak dan produk ini akan mulai tersedia di pasaran pada Agustus 2014," ujarnya.

 

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!