Home Kertas
Kertas
ARTPAPER sebagai kertas coated popular yang berteknologi

Untuk mendapatkan hasil cetak maksimal, maka pemilihan kertas yang sesuai sangatlah penting. Dengan pemilihan kertas yang tepat, materi desain yang sempurna dapat dituangkan dengan baik pada hasil akhir proses pencetakan itu sendiri. Ada banyak jenis kertas yang tersedia,salah satunya yang sangat populer adalah kertas coated. Kertas coated terdiri dari banyak jenis. Kertas coated yang umumnya kita jumpai antara lain kertas Art Paper/Board, kertas Cast Coated, kertas LWC, Kertas Duplex, Kertas Ivory.  Kertas Carbonless dan Thermal Paper juga di kategorikan sebagai kertas coated

Dalam industri grafika, kertas coated yang paling sering digunakan adalah kertas ...

 
PERANAN KUALITAS KERTAS DALAM MENCAPAI KUALITAS BARANG CETAKAN

PERANAN KUALITAS KERTAS DALAM MENCAPAIKUALITAS BARANG CETAKAN

PENGANTAR

Hiruk  pikuk pesta demokrasi melalui kampanye pemilihan calon anggota legislatif yang diikuti oleh sekian banyakpartai politik dan pemilihan presiden dan wakil presiden, memberikan gambaran kepada kita seberapa banyak kertas yang dipergunakan untuk mensukseskan kampanye tersebut. Kedua event pesta demokrasi diatas tidak akan mungkin terlaksana tanpa adanya peran industri percetakan.Dengan diproduksinya sarana kampanye berbentuk tanda gambar partai, foto calon anggota legislatif, gambar calon presiden dan wakil presiden, spanduk, dan semua sarana komunikasi yang berbentuk barang cetakan.

Pada kesempatan terbitan majalah kali ini, penulis mencoba untuk sekedar memberikan informasi kepada para industriawan percetakan dan para pengguna barang cetakan (calon anggota legislatif, pejabat terkait dan masyarakat umum) tentang bahan baku cetakan yang sangat dominan dalam menentukan kualitas barang cetakan, yaitu kertas cetak. 

 

 
KERTAS & KUALITAS CETAKAN

 

KERTAS & KUALITAS CETAKAN

Apabila kita berpaling kebelakang bahwa kertas merupakan lembaran tipis hasil kempaan, terbuat dari serat selulosa dengan membentuk jalinan yang tidak teratur dan dengan ditambahkan bahan penolong untuk mendapatkan sifat-sifat tertentu dari kertas.

Sifat-sifat yang dimiliki kertas secara umum adalah bahwa kertas terdapat nilai keasaman (pH) tertentu, dimana nilai keasaman kertas dapat berubah utamanya akibat pengaruh kelembaban lingkungan dan air pembasah pada teknik cetak offset. Sifat kertas berikut bahwa kertas memiliki daya serap (absorption) yang diakibatkan oleh adanya pori-pori dari adanya jalinan serat-serat kertas. Lanjut ? klik judul link di atas (gratis) semoga bermanfaat.

 
SWIVELCARD Kartu Nama Pintar Berkoneksi USB

Connected paper atau kertas ‘terkoneksi’ adalah teknologi menarik yang sangat inovatif jika diaplikasikan dengan tepat. Teknologi tersebut menjadi salah satu tantangan sekaligus peluang bagi perusahaan jasa cetak di Indonesia dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pendapatan saat persaingan semakin ketat saat ini.

Motorola telah berupaya mengembangkannya untuk packaging, label dan poster. Seorang developer asal Washington, Andrew DePaula, pertengahan tahun lalu telah menemukan dan meluncurkan swivelCard. Sekilas swivelCard terlihat seperti kartu nama (business card) biasa.Uniknya swivelCard juga dapat difungsikan  sebagai drive USB yang bisa di-update, walaupun swivelCard tersebut telah kita berikan ke orang lain.

 
Filler sebagai Bahan Pelapis Media Cetak

Print Media Indonesia, Material pendukung lain dalam proses pembuatan kertas adalah filler yang berfungsi untuk meningkatkan hasil yield kertas, meningkatkan kehalusan permukaan kertas dan memperbaiki sifat kertas lainnya. Jenis filler yang biasa digunakan adalah calcium carbonate dan clay. Dalam aplikasinya terdapat dua metode  penggunaan filler dalam  proses pembuatan kertas. Metode pertama, filler dicampur bersamaan dengan bubur kertas sehingga filler berada diantara serat-serat kertas. Pada kondisi ini filler menutupi sebagian pori-pori serat kertas yang berfungsi menaikkan kekuatan kertas secara umum. Meskipun demikian, penggunaan   filler secara  berlebihan dapat merusak jalinan serat-serat kertas sehingga kertas menjadi rapuh karena filler memotong ikatan seratyang  satu dengan serat lainnya. Filler merupakan jenis pewarna yang paling banyak digunakan dalam proses pembuatan kertas.

 
STIKER Jenis & Fungsinya

Stiker atau label banyak digunakan pada  berbagai industri,seperti :produk makanan, obat-obatan, shampo, krim kulit, pembalut wanita, popok bayi, serta  industri motor dan mobil. Beragamnya industri pengguna  stiker atau label mendorong industri label untuk dapat memenuhi tuntutan kualitas dari berbagai  jenis industri tersebut. Setiap segmen industri pengguna  stiker atau label memiliki standar kualitas yang spesifik sesuai dengan aplikasi dari label atau stiker tersebut.

 
<< Start < Prev 1 2 Next > End >>

Page 1 of 2