Pengunjung Web

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini933
mod_vvisit_counterKemarin790
mod_vvisit_counterMinggu ini3128
mod_vvisit_counterMinggu lalu6614
mod_vvisit_counterBulan ini16803
mod_vvisit_counterBulan lalu31166
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung1383346
Kami Memiliki: 12 guests online

Home Kertas KERTAS & KUALITAS CETAKAN
20
Dec
2017
KERTAS & KUALITAS CETAKAN

 

KERTAS & KUALITAS CETAKAN

Apabila kita berpaling kebelakang bahwa kertas merupakan lembaran tipis hasil kempaan, terbuat dari serat selulosa dengan membentuk jalinan yang tidak teratur dan dengan ditambahkan bahan penolong untuk mendapatkan sifat-sifat tertentu dari kertas.

Sifat-sifat yang dimiliki kertas secara umum adalah bahwa kertas terdapat nilai keasaman (pH) tertentu, dimana nilai keasaman kertas dapat berubah utamanya akibat pengaruh kelembaban lingkungan dan air pembasah pada teknik cetak offset. Sifat kertas berikut bahwa kertas memiliki daya serap (absorption) yang diakibatkan oleh adanya pori-pori dari adanya jalinan serat-serat kertas. Lanjut ? klik judul link di atas (gratis) semoga bermanfaat.

Lalu sifat kemampuan/daya menerima/menyerap tinta (ink receptivity) adalah kemampuan kertas untuk menyerap tinta, semakin kasar dan terbuka permukaan kertas, semakin banyak atau semakin mudah menyerap tinta. Kemudian sifat berikut adalah kerataan permukaan kertas (levelling) adalah kondisi permukaan yang tidak rata akibat adanya saringan/filter pada pembuatan kertas sejak kertas berbentuk bubur / pulp. Proses perembesan air dari bubur kertas itu yang membentuk permukaan kertas yang tidak rata, sehingga setiap kertas ada dua permukaan yang berbeda, yaitu sisi atas dan sisi bawah, dimana sisi bawah selalu lebih kasar dari sisi atas (sisi filt lebih halus dari sisi wire). Kemudian sifat terakhir adalah kecerahan (brightness) adalah tingkat kecerahan warna kertas yang sangat dipengaruhi oleh sistem pembuatan kertas dan bahan baku kertas.

Selanjutnya kertas untuk dapat dicetak dan menghasilkan produk yang baik, maka harus memenuhi persyaratan sbb :

1.       Formasi / susunan keawanan kertas yang baik. Keawanan kertas terjadi dan terbentuk saat proses jalannya pengeringan kertas pada mesin kertas. Saat bubur kertas melewati saringan/filter, maka air turun melewati lubang-lubang filter, dan saat itu terbentuk keawanan kertas yang menunjukkan perbedaan ketebalan dan kerapatan serat dari kertas. Kesamaan dan kerataan keawanan menjadi hal sangat penting untuk suatu kertas karena akan berpengaruh terhadap kerataan lapisan tinta. Apabila keawanan terlalu tinggi, kadang pabrik kertas menambah proses tambahan dengan memberikan lapisan (coated) untuk menutup ketidakrataan permukaan kertas.

2.       Keseragaman terutama berat dan tebal. Penting buat suatu kertas memiliki tebal dan berat yang sama, karena akan berpengaruh terhadap pengalihan tinta akibat penggunaan tekanan cetak.

3.       Warna dan kecerahan/brightness sesuai penggunaan. Syarat sangat penting agar produk cetakan kualitasnya baik sesuai tujuan, maka warna kertas harus baik/cerah sehingga warna yang disajikan juga warna yang kualitasnya baik.

4.       Memiliki tingkat kekakuan (stiffness) yang cukup, artinya bahwa kertas harus memiliki syarat kekakuan karena agar kertas bisa masuk kedalam mesin cetak, melakukan proses cetak dan menerima lapisan tinta yang baik. Bahkan lembar kertas selama proses pencetakan harus mampu masuk dan mengikuti bentuk silinder cetak yang menjepitnya.                                              

Oleh karena itu lembar kertas harus memiliki persyaratan agar mampu untuk dicetak disebut “ printability “ ( adalah sifat kertas yang dibutuhkan untuk menghasilkan cetakan dengan mutu yang dikehendaki dan tidak menimbulkan kesulitan pada saat sebelum cetak, pada saat pencetakan dan setelah dicetak seperti sifat kimia, sifat fisik dan sifat optis pada kertas).

 

    Sifat umum kertas agar mampu untuk dicetak (printability) meliputi :

 

1.   Mudah menerima tinta cetak;

2.   Tidak mempengaruhi peneringan tinta cetak;

3.   Memiliki kehalusan;

4.   Memiliki sifat reologi ;

5.   Memiliki sifat optis;

6.   Tidak peka terhadap perubahan kelembaban udara;

7.   Memiliki permukaan yang kuat/tidak mudah tercabut/sobek;

8.   Tidak memiliki sifat kimia;

9.   Memiliki kerataan permukaan yang baik;

10.      Dalam bentuk gulungan harus terbungkus rapat untuk menghindari pengaruh uap air/kelembaban;

11.      Serat/partikel  tidak mudah terlepas;

12.      Tidak mengandung bahan kertas

13.      Tidak mudah menimbulkan listrik statis.

Selengkapnya temukan pada majalah Print Media Indonesia edisi 79 Nov-Des 2017. Majalah cetak dimaksud dapat ditemukan pada ratusan toko buku di Pulau Jawa, sedang yang E-Print Medianya melalui SCOOP, Majalah Indonesia, dan Higo. Atau pesan ke sekretariat.

 

Hub :

This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

SMS/WA : 0811808282