Visitor

 

Sosial Media

Home Kilas Berita Prospek Pasar Pencetakan Tekstil Digital
19
May
2022
Prospek Pasar Pencetakan Tekstil Digital

Tekstil digital adalah metode berbasis inkjet yang memungkinkan produsen untuk mencetak desain berbeda pada berbagai jenis kain. Tinta yang digunakan berdasarkan  jenis seratnya, seperti katun, sutra, atau poliester. Selama pencetakan digital, kain dimasukkan ke dalam perangkat pencetakan menggunakan roller. Prosesnya melibatkan penambahan tinta ke permukaan kain dalam bentuk tetesan kecil.

Setelah itu kain difinishing dengan menggunakan steam atau heat treatment untuk meningkatkan efisiensi. Selain itu, beberapa tinta perlu dicuci dan dikeringkan. Karena perubahan teknologi, produsen lebih tertarik pada pencetakan digital daripada kain yang diwarnai.

Kenaikan pendapatan per kapita ditambah dengan perubahan cepat dalam tren mode dengan pakaian cetak baru diantisipasi akan mendorong pertumbuhan pasar pencetakan tekstil digital. Selain itu, lonjakan aplikasi printing tekstil pada ...

pembungkus kendaraan, dekorasi interior otomotif juga dapat mendorong pertumbuhan segmen di sektor otomotif.

Para pemain utama yang beroperasi di pasar pencetakan tekstil digital di Indonesia seperti Baju Kertas & Co Bandung berfokus pada peluncuran produk baru dan kemitraan karena pergeseran tren ke arah produk yang ramah lingkungan dan berbasis kualitas.

Peningkatan pesat dalam permintaan tekstil digital mendorong produsen utama memperluas kapasitas produksi mereka untuk memenuhi permintaan pasar, yang menyebabkan lonjakan permintaan mesin tekstil digital. Strategi pertumbuhan tambahan seperti akuisisi, kemitraan dan peluncuran  produk, juga diadopsi untuk mencapai peningkatan pangsa pasar dalam tren pasar pencetakan tekstil digital.

Pasar Pencetakan Tekstil Digital Global, Berdasarkan Substrat Segmen kapas mendominasi pasar pencetakan tekstil digital global. Kapas adalah serat alami yang banyak digunakan dalam pencetakan tekstil digital mode dan pakaian olahraga, karena kontrol kelembabannya yang tinggi dan daya tahan yang lama. Karena tahan luntur pencucian yang tinggi, tinta reaktif sebagian besar digunakan untuk substrat kain katun, yang mendorong pertumbuhan segmen.

Segmen sublimasi diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang signifikan di pasar pencetakan tekstil digital, karena meningkatnya permintaan untuk sublimasi pewarna dalam layanan pencetakan khusus. Selain itu, tinta sublimasi menjadi bagian dari kain daripada menambahkan lapisan di atasnya, membuatnya sangat tahan lama dibandingkan dengan proses pencetakan konvensional, seperti kertas transfer panas. Selain itu, rendahnya biaya produksi dan bahan baku pencetakan sublimasi diharapkan dapat mendorong permintaan pasar dalam waktu dekat.

Berdasarkan jenis tinta : Segmen sublimasi diproyeksikan sebagai segmen yang paling menguntungkan.

Para peneliti dari China dan Italia berfokus untuk memperkenalkan tinta unggul untuk pencetakan berkualitas tinggi. Sebagai contoh, Italia membuat Kiian Digistar Hi- PRO Sublimation Ink, tinta piezo berbasis air, yang digunakan untuk pencetakan tekstil digital untuk kain poliester yang dapat digunakan dalam tampilan elektronik dan sirkuit terpadu lainnya.

Komponen tercetak semacam itu membutuhkan biaya rendah dan harus sangat fleksibel dan dapat dicuci secara alami.  Namun, karena tahan luntur pencucian yang tinggi, produk tersebut menawarkan kompatibilitas terbatas dengan kulit.

Prospek Pasar Pencetakan Tekstil Digital dari kurun waktu tahun 2021-2030, pada 2030 diperkirakan akan mencapai $7,9 miliar dengan CAGR 14,8% dari 2021 hingga 2030. Sumber : alliedmarketresearch

Selengkapnya terdapat pada majalah cetak & digital INDONESIA PRINT MEDIA edisi 106 Mei-Juni 2022.

Info : +62 811 808 282

 

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!