Visitor

 

Sosial Media

Home Kilas Berita Mengenal Golden Ratio Dalam Desain
06
Jun
2022
Mengenal Golden Ratio Dalam Desain

Image: invisionapp.com

Di era digital seperti saat ini, banyak sekali perusahaan-perusahaan yang mem-branding usahanya melalui karya visual untuk menarik perhatian. Kebutuhan akan logo brand dan website membuat profesi sebagai desainer grafis semakin dibutuhkan dalam lingkup bisnis dan industri. Terlebih, era modern sekarang, banyak perusahaan yang mengembangkan bisnisnya ke dunia digital.

Seorang desainer grafis memiliki tanggung jawab untuk mampu me ...

ningkatkan brand perusahaan di hadapan klien. Mulai dari pembuatan logo hingga tampilan-tampilan visual yang nantinya akan menjadi identitas perusahaan. Dalam pembuatan sebuah karya visual ada beberapa teknik khusus yang digunakan, salah satunya adalah Golden Ratio. Teknik ini akan memudahkan proses pembuatan karya agar lebih nyaman dipandang.

Golden Ratio merupakan sebuah angka yang special dalam matematika. Golden Ratio ini dilambangkan dengan abjad Yunani phi (Φ). Golden Ratio memiliki keterkaitan dengan deret Fibonacci. Deret Fibonacci merupakan sebuah barisan angka yang berawal dari 0 dan 1, kemudian angka berikutnya merupakan penjumlahan kedua angka terakhir. Jika membagi satu angka dalam deret tersebut dengan angka sebelumnya, maka akan diperoleh hasil yang besarnya mendekati satu dan lainnya. Setelah pembagian angka ke 13 dalam deret Fibonacci tersebut, akan diperoleh hasil pembagian yang bernilai tetap, yaitu 1,618. Angka ini yang disebut dengan Golden Ratio. Contoh: 233 / 144 = 1,618 dst

Ket. Gambar: Deret Fibonacci, Image Credit: studytonight.com

Banyak beberapa logo perusahaan besar menerapkan golden ratio dalam pembuatan logonya agar komposisi desainnya terlihat seimbang, seperti logo Apple, Twitter, Pepsi, Toyota dan sebagainya. Golden ratio ini tidak hanya bermanfaat dalam pembuatan logo saja, tetapi juga dalam pembuatan layout buku, poster dan lain sebagainya, terutama menyangkut pengaturan ukuran font agar menjadi menarik dan enak untuk dibaca. Karena proporsi dan komposisi adalah faktor yang penting dalam pembuatan sebuah desain. Golden Ratio ini memiliki banyak bentuk diantaranya Golden Rectangles, Golden Circle, Golden Spirals dan Golden Triangles.

Credit Image: geometryarchitecture.wordpress.com

Penerapan Golden Ratio Dalam Desain

Jika merujuk pada Invisionapp.com, ada beberapa penerapan Golden Ratio dalam desain, diantaranya

1. Hierarki Penulisan

Dalam membuat sebuah desain, baik itu poster, undangan maupun layout dalam situs web, kita harus mempertimbangkan hierarki teks pada desain yang kita buat. Hal ini diperlukan untuk membedakan antara Judul, Isi atau tulisan yang menjadi pesan utama.

Dengan menggunakan Golden Ratio, maka kita akan lebih mudah menentukan hierarkinya.

Contoh sederhananya adalah, jika ukuran font untuk body text berukuran 12pt, maka ukuran untuk judul adalah nilai golden ratio, 1,618 x 12 = 19, 416, atau dibulatkan menjadi 20pt. Atau, jika judul yang kita gunakan berukuran 24pt, maka ukuran body text-nya yang sesuai adalah 15pt. Hasil ini didapat dari 24 : 1,618 = 14,83 yang dibulatkan menjadi 15pt.

Credit Image: invisionapp.com

2. Peletakkan Elemen Pada Desain

Peletakkan elemen pada sebuah desain menggunakan Golden Ratio tentunya bertujuan agar desain terlihat lebih menarik. Kita dapat membagi lembar kerja kedalam beberapa bagian  yang sesuai dengan nilai Golden Ratio. Sederhananya, cukup letakkan Golden Spiral pada lembar kerja dan posisikan elemen desain sesuai dengan Golden Ratio tersebut.

Dengan menggunakan Golden Spiral dapat mengetahui di mana fokus yang diperlukan, bagaimana memusatkan tujuan untuk mendapatkan dampak maksimal, atau beberapa elemen yang dipindahkan untuk memberikan kekuatan pada desain.

Credit Image: Pinterest

3. Komposisi Layout

Golden Ratio juga dapat diaplikasikan saat membuat layout, baik untuk majalah, tabloid, desain web maupun poster. Penerapan Golden Ratio ini akan membuat pengguna lebih nyaman dalam melihat konten yang disajikan.

Dalam layout web, Golden Ratio dapat digunakan untuk menentukan lebar panel, sidebar ataupun tinggi tampilan.  Misalnya, lebar tata letak dibagi ke dalam beberapa ukuran sehingga membentuk tata letak pada halaman dan membuka banyak grid. Layout pada website atau desain grafis biasanya dipakai untuk mengatur elemen visual yang ada pada suatu halaman.

Credit Image: Designshack

4. Pembuatan Logo

Logo yang disusun dengan baik sangat penting dalam keberhasilan sebuah merek sehingga orang lain dapat memahami pesan utama dalam sekali melihatnya. Itulah mengapa ide yang bagus perlu memikirkan penggunaan Golden Ratio saat mendesain logo untuk membuat daya tarik dan membantu terkoneksi dengan logo. Beberapa bentuk dalam Golden Ratio seperti Golden Rectangles, Circles, Spirals dan Triangles banyak digunakan dalam mendesain sebuah logo. Penggunaan bentuk-bentuk Golden Ratio yang tepat bermanfaat untuk membentuk keseimbangan sebuah logo dan menjadikannya dari logo yang bagus menjadi sangat bagus.

Credit Image: invisionapp.com

Bams/*dbs

Selengkapnya terdapat pada majalah cetak & digital INDONESIA PRINT MEDIA edisi 106 Mei-Juni 2022

Info : +62 811808282

 

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!