Visitor

 

Sosial Media

Home Kilas Berita Tantangan Teknologi Printing
06
Jul
2022
Tantangan Teknologi Printing

Masih ingat Papan gambar magnet, yang saat kita masih muda sangat mudah didapatkan, dipedagang kakilima depan sekolahan, kemudian berkembang menjadi writing tablet, saat ini banyak ditawarkan dibanyak took online dengan harga yang sangat terjangkau.

Teknologi ini ternyata di kembangkan lebih lanjut oleh Perusahaan yang Bernama E-Ink yang berpusat di Taiwan. Teknologi yang dipergunakan merupakan teknologi yang dikembangkan di tahun 90an oleh MIT Media Lab (Massachusetts Institute of Technology)

Pada awal 2022 di CES 2022 Las Vegas, diperkenalkan BMW iX Flow, sebuah mobil yang dapat berubah warna dan motif sesuai dengan keinginan pemiliknya. Sebuah pengembangan yang luar biasa di industri otomotif, semua ini dimungkinkan dengan mempergunakan E ink Technology.  

Teknologi ini dibawa keranah display dalam beragam ...

bentuknya, mulai dari electronic ink menjadi Electronic Ink Film, dengan implementasi di banyak area. Dan sudah memasuki dunia printing yang selama ini dikuasai dengan penggunaan tinta secara konventional.

Aplikasi yang ditawarkan sangat luar biasa, mulai dari Reading, Writing, Laptop, Peripherals, Mobile, Wearables, Retail, Logistic (Ware House), Healthcare(Hospital), Trasportation(Outdoor Signage), Indoor Large Area Signage, Smarthome dan beragam inavative design lainnya.  

Teknologi yang dipergunakan sebenarnya sangat sederhana, dengan hanya mempergunakan magnet, yang diatur posisinya dengan mempergunakan magnet, seperti mainan papan gambar magnet. Pigment dimasukkan kedalam kapsul mikro, yang tentunya berukuran sangat kecil.

Pada awalnya teknologi ini hanya memiliki 1 warna, tentunya warna hitam saja, kemudian berkembang menjadi 2 Pigment Ink System (Hitam, Putih), 3 Pigment (Hitam, Putih, dan Merah), 4 Pigment warna (Hitam, Putih, Kuning dan Merah) dan yang terakhir tetap 4 warna (Cyan, Magenta, Yellow dan Putih), dimana memberi peluang menghasilkan warna yang lebih banyak dari kombinasi ke 4 warna yang ada. 

Setiap kapsul diisi dengan pigmen bermuatan Negatif dan Positif. Adapun dengan medan listrik menyebabkan pigmen putih atau hitam terkumpul pada permukaan atau sisi yang kita inginkan, tentunya perubahan ini dapat diatur melalui sebuah program. Dengan berkembangnya dunia IT, pemrogramman ini dapat dilakukan secara remote (jarak jauh), yang tentunya mempermudah dalam mengganti image sperti yang diinginkan.

Perkembangan dan kehadiran Teknologi ini tentunya sedikit banyak akan mempengaruhi ekosistem Printing yang selama ini kita geluti. Teknologi baru tentunya bisa dilihat sebagai tantangan disatu sisi, dan ...

Selengkapnya terdapat pada majalah cetak & digital INDONESIA PRINT MEDIA edisi 106 Mei-Juni 2022.

Info : +62 811 808 282

 

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!