Pengunjung Web

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini218
mod_vvisit_counterKemarin1180
mod_vvisit_counterMinggu ini2522
mod_vvisit_counterMinggu lalu8444
mod_vvisit_counterBulan ini12885
mod_vvisit_counterBulan lalu39361
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung1348262
Kami Memiliki: 15 guests online

Home Kilas Berita Beragam Masalah pada Mesin Cetak
04
Dec
2017
Beragam Masalah pada Mesin Cetak

Beragam Masalah pada Mesin Cetak

Mesin produksi khususnya mesin cetak  adalahalat  produksi  yang dirancang  untuk  menghantarkan lapisan tinta cetak yang tipis kepermukaan bahan cetak, pada bidang-bidang yang terseleksi (sebagai BM), secara  berulang-ulang dengan maksud untuk menghasilkan produk  informasi. Untuk dapat melaksanakan fungsi itu maka mesin cetak dilengkapi suatu peralatan dan perlengkapan yang telah diuji kebenaran, ketepatan, kecanggihan, sehingga akan mampu bekerja dengan baik.

....................... selengkapnya klik judul link di atas ..............................

Mesin cetak dilengkapi dengan sistem penintaan yang terdiri dari rol-rol tinta yang harus memenuhi persyaratan teknis tertentu, dilengkapi dengan sistem pembasahan yang harus mampu menyalurkan air selama proses produksi, dilengkapi pula dengan sistem penepat / sistem register yang menjamin posisi yang sama terhadap bahan cetak selama proses produksi, sebanyak oplah dalam variasi kecepataan produksi yang berbeda. Namun demikian, sebagus, secanggih, semodern dan sekuat apapun, mesin cetak beserta komponennya harus dilakukan perawatan, pemeliharaan dalam jangka waktu periodik yang tertentu, cara perawatan yang tepat dan dengan bahan perawat yang tepat dan pada waktu yang tepat akan menjamin kondisinya tetap baik, prima dan mampu melaksanakan fungsi dengan baik.

Diambil contoh rol-rol tinta dalam sistem penintaan agar mampu melaksanakan menya-lurkan lapisan tinta yang tepat kepada semua jenis model, semua jenis bahan cetak,pada variasi kecepatan produksi serta waktu produksi yang lama,  maka rol-rol tinta (khususnya rol karet) harus memiliki persyarat an teknis  tertentu, di- dirawat / dipelihara dengan cara yang tepat, waktu yang tepat dan dengan bahan perawat yang tepat pula.

Tentang kondisi rol-rol tinta (karet) yang mengalami kerusakan dari pinggir rol (gambar diatas), menjadi masalah yang sulit untuk dicari solusinya. Secara teknis rol-rol karet itu disepanjang rol harus memliliki kekenyalan yang sama, kondisi fisik yang sama, namun kenyataannya bahwa setelah sekian tahun berproduksi dengan perawatan seadanya, maka rol-rol karet akan berubah diameternya menjadi tidak sama, kondisi fisiknya tidak sama apalagi kekenyalannya sepanjang rol nilai kekenyalannya bermacam-macam pula.

Mengapa hal itu bisa terjadi ?  Apabila ditelaah lebih jauh, panjang rol lebih panjang dari pelat, panjang pelat lebih besar dari panjang luas bidang cetak (image area), panjang bidang cetak umumnya akan selalu lebih panjang dari model cetakannya. Selisih panjang rol dengan panjang model cetakan, tinta cetak akan menumpuk.     Tinta menumpuk yang tidak terdistribusi  pada rol yang berputar akan memunculkan panas, maka rol karet itu dalam jangka waktu tertentu akan mengalami kerusakan secara bertahap. Kalaupun pada penyetelan tinta pada bak tinta dan rol bak tinta pada awalnya bagian pinggir dikurangi (tipis), namun dengan adanya gerakan lateral dari rol distribusi, maka lambat laun tinta akan merata diseluruh permukaan rol, tidak terkecuali rol dipinggir akan dilapisi tinta.

Disisi lain kondisi permukaan silinder pelat, silinder blanket dan silinder tekan beserta permukaan cincin silindernya (bearer) kondisinya harus bersih, tidak boleh ada kotoran maupun lapisan apapun menempel pada permukaan cincin silinder, karena akan mempengaruhi skala atau beratnya tekanan cetak yang sebelumnya sudah ditentukan dan dihitung oleh operator cetak.

Ketidak samaan tekanan cetak pada satu lintasan cetak akan sangat mempengaruhi pengalihan tinta atau gambar atau image dari permukaan pelat ke blanket dan akhirnya ke kertas. Hal kebersihan permukaan cincin silinder sangat penting diperhatikan, apalagi kalau sistem pengaturan skala tekanan cetaknya menggunakan sistem kontak bearer. Bila kondisi ketidakbersihan ini dibiarkan, maka pencetakan model gambar berraster perwujudan rasternya tidak sama dan hasil cetaknyapun tidak sama.

Hal yang sederhana dan biasanya diabaikan adalah pelumasan mesin beserta komponenya. Bahan pelumas yang tepat dan dengan penggunaan yang tepat waktu, maka mesin akan berproduksi maksimal dan dengan hasil yang maksimal.    

 

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!