Home Kilas Berita Tips Merawat Pisau Pemotong Kertas
24
Aug
2020
Tips Merawat Pisau Pemotong Kertas

Mesin potong kertas dalam suatu industry jasa cetak adalah merupakan perlengkapan yang mutlak harus dimiliki, karena hampir semua produk cetakan dalam finishingnya harus di potong. Jenisnya secara garis besar terbagi 2 yakni manual dan otomatis. Untuk yang masih menggunakan manual, perlu kehati-hatian dalam menggunakan mesin potong tersebut, karena jika tidak kertas yang dipotong bentuknya tidak presisi atau tidak sesuai harapan bahkan bisa melukai para penggunanya.

Untunglah saat ini sudah ada mesin potong kertas modern, selain mampu memotong banyak kertas dengan waktu yang cepat, juga mampu meminimalisir kesalahan. Namun kesalahan pada mesin bukan tak mungkin terjadi, akan tetap ada.

Pengertian dari mesin potong kertas itu sendiri adalah mesin yang digunakan untuk memotong kertas, entah itu pada bagian awal penentuan ukuran kertas sebelum pencetakan ataupun setelah pencetakan dengan tujuan merapihkan sisi kertas guna dilanjutkan kepada bagian penjilidan ataupun proses Post Press lainnya. Alat pemotong kertas, sangat banyak ragam atau jenisnya, ada yang manual, semi otomatis, dan otomatis, dan yang dibahas dalam uraian ini adalah alat potong kertas yang banyak digunakan pada perusahaan UMKM seperti Copy Center yang jenisnya atau sifatnya bukan otomatis. ...

Diantara alat potong dimaksud yakni mulai dari cutter, Guillotine, … dan lain-lain. Adapun yang membedakan cara kerja serta jumlah lembaran dan ukuran kertas yang dapat dopotong. Misal ; Paper cutter dipergunakan untuk memotong lembaran kertas sampai dengan 15 lembar, sedang alat potong Guillotine dapat dipergunakan untuk memotong rata bagian tepi buku, diktat, atau memotong kertas sampai dengan tebal 6 cm sekaligus.

Hal ini tentu sangat membantu pekerjaan pemotongan kertas yang berkecimpung di dunia fotocopy atau percetakan, karena adanya alat potong kertas ini tidak perlu menggunakan gunting dan atau cutter hanya untuk memotong kertas. Selain itu sangat tidak mungkin jika memotong kertas dengan jumlah banyak menggunakan gunting atau cutter, tentu hasilnya tidak akan profesional dan akan membahayakan jika menggunakan cutter.

Cara merawat pisau pemotong kertas

Cara merawat alat potong kertas sama seperti merawat mesin lainnya, yaitu perawatan dan pemeliharan yang intensif. Cara perawatan pun kembali pada si pemilik mesin pastinya, apabila rajin memelihara atau merawat maka barang yang dimilikinya pun akan awet. Selain itu dalam perawatan mesin pasti banyak sekali mekanismenya tergantung barangnya serta bagaimana tindakan merawat yang bagus terhadap barang tersebut.

Seluruh permukaan pada bagian mesin selalu dibersihkan dengan kain halus agar tidak kotor dan berkarat. Jangan simpan mesin potong kertas ditempat yang lembab, simpanlah ditempat yang kering.

lumasi secara berkala pada bagian mesin seperti pisau atau lubang-lubang pada mesin agar tidak mudah berkarat, jika rutin melumasi mesin maka bahan-bahan yang terbuat dari besi dan baja tidak akan mudah macet dan berkarat

Apabila pisau pemotong tersebut sudah tidak tajam lagi, kalian bisa mengasahnya seperti mengasah gunting.

Hindari memotong kertas yang ada isi staplesnya. Ini akan berakibat fatal untuk alat potong kertas, jika mata pisau mengenai staples maka mata pisau akan cacat dan untuk menghilangkannya perlu mengasahnya lagi. Maka perlu kehati-hatian dan sebaiknya dicek terlebih dahulu bagian kertas yang akan dipotong.

Jangan memotong selain kertas dan plastik. Selain untuk memotong kertas, alat potong kertas juga bisa digunakan untuk memotong plastik seperti plastik mika atau plastik laminating.

Demikianlah tips dari kami cara merawat alat potong kertas untuk usaha jasa percetakan kalian. Semoga tulisan ini bermanfaat, dapatkan ulasan lain dari Maxipro.co.id kalian akan mendapat artikel lain seputar percetakan.

Selengkapnya terdapat pada majalah cetak & On line INDONESIA PRINT MEDIA edisi 95 Juli-Agustus 2020.

CV. Print Media Indonesia

Addres Publishing :

Perum Bukit Waringin Blok E 5 No 18 Kedung Waringin Bojonggede Bogor,

Addres Marketing :

Jl. Kembang Raya No 19A Jakarta, 10420. Indonesia

Name Contac : Mr. Usman

Phone : +6221 3150929,

Mobile : +6281288811831

WhatsApp : +62811808282

Channel Online Printmedia

NgobrAs (Ngobrol Asik)

: +62 857145944963 (Wiwin)

Email:                                

This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

Facebook :

Majalah Grafika

Print Media Indonesia (Grup)

Komunitas Printing Indonesia (Community)

Instagram : instagram.com/majalahgrafika/

Website : www.indonesiaprintmedia.com

 

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!