Visitor

 
Home Kilas Berita LPJ PENGURUS KONGRES III KOMUNITAS PRINTING INDONESIA
06
Dec
2020
LPJ PENGURUS KONGRES III KOMUNITAS PRINTING INDONESIA

Pada Hari Sabtu/Minggu Tgl 5-6 Desember 2020 Di Cahaya Village Bogor

Assalamu’alaikum Wr Wb, Selamat siang bagi kita semua,

Alhamdulillahirabbil’alamin, puji syukur kehadirat Allah SWT, atas izin dan ridhaNya kita dapat melaksanakan Kongres III Komunitas Printing Indonesia ini. Kami ucapkan terima kasih kepada panitia atas terselenggaranya acara ini dengan baik. Selanjutnya saya sampaikan terima kasih kepada pengurus Komunitas Printing Indonesia Periode 2016-2020 dan peserta KONGRES III Komunitas Printing Indonesia, yang hadir baik secara offline maupun online.

Kongres III Komunitas Printing Indonesia bertema Kopi Grafika Kreatif Mandiri Berkelanjutan, diselenggarakan dengan merujuk pada AD/ART sebagaimana ditetapkan pada Kongres II tahun 2016  lalu, yang mengatur tentang pelaksanaan Kongres sekali dalam 4 tahun, dan Kongres merupakan forum tertinggi dalam organisasi Komunitas Printing Indonesia yang berwenang untuk meninjau dan mengubah AD/ART, menetapkan Haluan Organisasi, menyusun Program Kerja serta memilih dan mengangkat Pengurus / Formatur untuk menjalankan roda organisasi pada periode berikutnya.

Dengan memperhatikan amanat program kerja Kongres II tahun 2016 dan hasil Rakernas tahun 2018,

Pengurus Komunitas Printing Indonesia periode 2016-2020 telah berupaya semampunya untuk mewujudkan program-program yang telah diagendakan,  namun harus diakui realisasinya masih jauh dari harapan. Untuk lebih jelasnya, dengan ini kami melaporkan Laporan Pertanggungjawaban  (LPJ) sebagai berikut  :

Historis dan Legalitas Organisasi

Pembentukan Komunitas Printing Indonesia atau  biasa disebut KOPI GRAFIKA diinisiasi pada tahun 2009 oleh  sekelompok kecil  pegiat grafika dengan tujuan  untuk  menampung berbagai ide atau gagasan dan  kepentingan di bidang printing. Kongres I diadakan pada tahun 2010, dengan ketua umum terpilih ketika itu Sdr Andre Damar, dan Kongres Luar Biasa diadakan pada 2012 dengan  ketua umum terpilih Sdr Bambang Supriadi, serta Kongres II  diadakan pada tahun 2016 dengan ketua umum terpilih Sdr Usman Batubara.

Perputaran roda organisasi ini dimaksudkan untuk mewujudkan satu kelompok yang saling berinteraksi dalam memperjuangkan keberlangsungan  dunia printing / grafika di tanah air. Dengan harapan agar sarana pencerdasan sumber daya manusia yang berkualitas tersedia secara berkesinambungan dan sinkron dengan perkembangan teknologi, terciptanya ketersediaan produk cetak yang  mudah, murah, berkualitas,  merata, dan yang tidak kalah penting adalah terciptanya iklim industry  yang sehat, yang dapat meningkatkan kesejahteraan para pegiat industri grafika.

Untuk mencapai tujuan tersebut, sebagaimana tertuang dalam AD/ART, dinyatakan bahwa organisasi atau perkumpulan ini bertujuan untuk :

1. Menghimpun para insan yang bergerak di bidang industri dan pendidikan grafika dalam sebuah wadah organisasi berbasis komunitas.

2. Meningkatkan dan memberikan nilai tambah (value) bagi anggota komunitas serta mewujudkan insan grafika yang cerdas, bijak, dan mandiri dalam kebersamaan.

Dalam rangka memenuhi amanat program kerja organisasi, Pengurus telah memproses legalitas akte Komunitas Printing Indonesia di Notaris Yulita Harastiati, SH., dan pengesahan badan hukum di KEMENKUMHAM, namun usulan nama dimaksud tidak dapat dipenuhi. Nama yang dapat disahkan sebagai badan hukum dimaksud adalah KOPI GRAFIKA INDONESIA, dengan  pengesahan bernomor AHU-0007272.AH.01.07.TAHUN 2019 ( Lampiran 1 ), alamat administrasi atau Sekretariat di Graha Primagraphia, Jl. Kepu Selatan No 10 Bungur, Kemayoran, Jakarta, Indonesia, dan  website  www.kopigrafika.com

Berkenaan dengan adanya perubahan nama sesuai pengesahan KEMENKUMHAM tersebut, maka kami berharap pada Kongres III ini dapat dilakukan peninjauan kembali dan penyesuaian  AD/ART untuk menetapkan nama organisasi ini sesuai legalitas yang telah dimiliki. Demikian juga  untuk hal-hal lain, seperti image logo dan lain-lain perlu dilakukan penyesuaian (draf telah disiapkan). Dan untuk selanjutnya kita dapat menggunakan nama KOPI GRAFIKA INDONESIA.

Keanggotaan

Keanggotaan Komunitas Printing Indonesia saat Kongres II tahun 2016 pada grup facebook berjumlah sekitar 16 ribu. Sampai dengan saat Kongres III tahun 2020 dilaksanakan, keanggotaan  dimaksud telah mencapai  40 ribuan. Selain itu, dalam rangka  mempersiapkan perkumpulan keanggotaan yang riil, telah diadakan pendataan khusus secara tertulis melalui link pendaftaran,  hingga saat ini jumlah yang terdata sekitar 500 anggota.

Kepengurusan

Anggota kepengurusan KOPI GRAFIKA Periode 2016-2020 sejak ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepengurusan pada awal tahun 2017 tertuang lengkap (Lampiran 2). Perlu dimaklumi bahwa diantara  anggota kepengurusan tersebut ada yang telah meninggal dunia, yakni Bpk Madali Anasan dari dewan Penasehat, semoga almarhum husnul khotimah. Ada juga yang mengundurkan diri, yakni Ibu Lucy L Lindi dari Tim Ahli, karena pindah kerja dan bertugas di bidang lain. Selain itu, salah seorang yang tergolong tim pengurus aktif dari daerah (Semarang) juga telah meninggal dunia,  yakni Bpk Adi Susanto, semoga keluarganya diberikan kesabaran dan kekuatan.

Kerjasama dengan Penyelenggara Pameran

Pada periode ini program kerja yang dapat dijalankan secara umum masih disesuaikan dan kerjasama dengan para penyelenggara pameran / seminar / workshop terkait printing, seperti ; API, Kristamedia, More Media, Pamerindo, Peraga, Traya, Wakeni, Print Pack, dari dalam negeri serta Messe dusseldorf (Asia Pack Print International / Bangkok), dan Adsale (Printing South China / Sino-Label) dari luar negeri (Lampiran 4). Kerjasama dimaksud berupa ; penyelenggaraan seminar, workshop dan atau talkshow, penjualan booth, dan lain-lain.

Upaya lain dalam mensosialisasikan keberadaan organisasi, pengurus mencetak media promosi melalui pembuatan kaos KOPI Grafika sebanyak 3x : pertama berimage logo KOPI Grafika, kedua  tulisan Kopi Inspire, dan ketiga berimage Punakawan (Semar, Gareng, Petruk dan Bagong) hasil desain Sdr Yulius dari Surabaya.

Inventaris :

Inventaris pada kepengurusan periode ini hanya 2 set meja bangku (2 meja dan 4 bangku) yang biasa digunakan pada saat mengikuti expo di Jakarta.

Keuangan :

Saldo kas Komunitas Printing Indonesia sebelum dikeluarkan untuk biaya Kongres III berjumlah sebesar  empat puluh juta rupiah lebih. (lampiran 5).

Penutup

Demikian Laporan Pertanggungjawaban Pengurus KOPI GRAFIKA Periode 2016-2020 ini disampaikan. Saya, atas nama segenap pengurus, mohon maaf atas segala kesalahan dan  kekhilapan  selama kami menjalankan roda kepengurusan KOPI GRAFIKA 2016-2020. Semoga para peserta Kongres III KOPI Grafika dapat menerima laporan ini dengan baik. Jika ada hal-hal yang baik dari kepengurusan KOPI GRAFIKA 2016-2020 kiranya dapat diteruskan, demikian juga sebaliknya bila ada hal yang kurang baik dapat kita jadikan sebagai pelajaran untuk tidak terulang lagi pada kepengurusan berikutnya.

Terima kasih atas kerjasama yang baik, akhirul kalam assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Bogor, 5 Desember 2020

      Hormat kami

PENGURUS

KOMUNITAS PRINTING INDONESIA

ttd

Usman Batubara dan  Muhammad Saidmasing-masing sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal

 

Lampiran 1 Pengesahan Pendirian Kopi Grafika

Lampiran 2 ; Lampiran SK Kepengususan KOPI GRAFIKA Priode 2016-2020

Lampiran 3 Program Kerja / Kegiatan

Lampiran 4 Program Kerja / Kegiatan

Daftar Kegiatan ; Workshop, Seminar dan Talkshow :

2017, Kulliah Umum bid Grafika di Polimedia Srengseng Sawah Jakarta

2017, Workshop Cara Menganalisa TVI (Dot Gain) Saat Mencetak, di AXC Harco Mangga Dua Jakarta

2017, Seminar ttg Trend Kemasan pada SPE di Grand City Convention Center Surabaya

2017, Managemen Produksi Percetakan Profesional, pada All Print di JI Expo Kemayoran Jakarta

2018, Rakernas KOPI GRAFIKA, di Wisma Kompas Bogor Jawa Barat

2018, Halal bihalal dan HUT KOPI GRAFIKA ke 9, di Hotel 88 Bekasi,

2018, Technology Inovation in Textile Printing, pada Indo Intertex di JI Expo Kemayoran Jakarta

2018, Talkshow dan Wokshop Printing Never Die pada Indocomtech di JCC Senayan Jakarta

2018, Talkshow Kemasan Pangan Pengembangan Printing UKM di Plastics & Rubber Indonesia Expo

2018, Seminar Kemasan Pangan Pengembangan Printing UKM, pada Printech di JI Expo Jakarta

2019, Workshop Kewirausahaan Kreatif T-Shirt Printing pada IAPE DCC Solo Jawa Tengah,

2019, Seminar Printing Ink and Paper Conversion, pada Indo Intertex. Di JI Expo Kemayoran Jakarta

2019, Seminar Creative Textile Printing 4.0 pada Intertex di JI Expo Kemayoran Jakarta

2019, Ngopi Hangat Pengendalian Proses Cetak pada All Print di JI Expo Kemayoran Jakarta

2019, Kopdar Kopigrafika & Printalkshow Transformasi Bisnis Print 4.0.

Paviliun KOPI Grafika, pada :

2017, Forum Grafika Digital 2017 di JCC Senayan Jakarta.

2018, Indo Intertex di JI Expo Kemayoran Jakarta

2018, All Print di JI Expo Kemayoran, Jakarta.

2018, Indocomtech di JCC Senayan Jakarta,

2019, Indo Intertex di JI Expo Kemayoran Jakarta

2019, All Print di JI Expo Kemayoran, Jakarta.

2019, Indocomtech di JCC Senayan Jakarta,

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!