Pengunjung Web

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1407
mod_vvisit_counterKemarin1374
mod_vvisit_counterMinggu ini6613
mod_vvisit_counterMinggu lalu8296
mod_vvisit_counterBulan ini22510
mod_vvisit_counterBulan lalu36128
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung1279446
Kami Memiliki: 31 guests online

Home Lingkungan
Lingkungan
PENGUSAHA MENYAMBUT POSITIP RELOKASI USAHA CETAK JAKARTA DIUNDUR 2019
Written by Administrator   
Thursday, 28 April 2016 07:53
 
Sekilas tentang Perda DKI No 1 Tahun 2014
 
Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta No 1 Tahun 2014, berisi tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Peraturan Zonasi (PZ) DKI Jakarta, yang telah disahkan oleh DPRD DKI Jakarta pada 18 Desember 2013, dengan sendirinya menjadi dokumen acuan dalam rencana pelaksanaan pemanfaatan ruang dan pengendalian pemanfaatan ruang di wilayah DKI Jakarta sampai tahun 2030 yang akan datang. Perda No 1 Tahun 2014 tentang RDTR dan PZ tersebut dibukukan dalam 1 buku setebal 716 halaman ditambah 2 buku lampiran berjumlah 1151 halaman. Perda tersebut terdiri dari 23 Bab yang mengatur antara lain : Pola pengembangan kawasan dan sifat lingkungan, Rencana detail tata ruang kecamatan, Peraturan zonasi, Perizinan dan rekomendasi, Insentif dan disinsentif, Pengendalian pemanfaatan ruang, Hak, kewajiban dan peran masyarakat, Pembinaan dan pengawasan.......................................................................................................................
 
Urgensi Keamanan Kemasan Pangan di Indonesia E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 31 March 2016 06:54

Urgensi Keamanan Kemasan Pangan di Indonesia

Perkembangan pesat industri pangan di Indonesia memerlukan materi kemasan yang terjamin keamanannya mulai dari proses produksi sampai pada pengguna. Jaminan keamanan kemasan tersebut tidak lepas dari pengetahuan dan implementasi menyeluruh mulai dari pemakaian bahan baku kemasan, proses produksi, individu dan lingkungan kerja.

Atas latar belakang kebutuhan di atas, PT Ganitri Sugih Prestasi (Millimatter) dan PT United Registrar of System (URS), dengan dukungan dari instansi-intansi terkait dan Asosiasi Teknik Grafika dan Media Indonesia (ATGMI), Badan POM, Perhimpunan Industri Tinta Cetak Seluruh Indonesia (PITTSINDO), Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI), Kementerian Perindustrian Indonesia, serta Print Media Indonesia sebagai salah satu media patner, menginisiasi penyelenggaraan seminar sehari pada tanggal 17 Februari 2016 di Peninsula Hotel Jakarta, dengan tema “Food Safety Packaging.”

 
Politeknik Negeri Media Kreatif Wisuda 559 Orang SDM Tenaga Ahli
Written by Administrator   

Politeknik Negeri Media Kreatif

Wisuda 559 Orang SDM Tenaga Ahli

Politeknik Negeri Media Kreatif atau Polimedia, Sabtu 12 November 2015 lalu, mewisuda 559 orang mahasiswa dari beberapa prodi di Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta, Program Studi Di Luar Domisili (PSDD) Medan dan Makassar, menjadi “Ahli Madya” pada program studi : Teknik Grafika, Teknik Kemasan, Penerbitan, Fotografi, Broadcast, Desain Grafis, Periklanan, Animasi, Multi Media, dan Desain Mode.

 

Mahasiswa yang telah lulus dan diwisuda dengan gelar ahli madya terdiri dari : 42 orang dari teknik grafika, 28 orang dari teknik kemasan, 50 orang dari  penerbitan, 29 orang  dari fotografi, 58 orang dari broadcast, 76 orang  dari desain grafis, 51 orang dari  periklanan, 51 orang dari animasi, 48 orang dari multi media, dan 18 orang dari desain mode, serta 8 orang dari teknik grafika Medan, 36 orang dari desain grafis Medan, 32 orang dari multimedia Medan, 5 orang dari  teknik grafika Makassar, 14 orang dari desain grafis Makassar, dan 13 orang dari multi media Makassar.

Pada wisuda ini  tampil sebagai  lulusan dengan nilai IPK  tertinggi,  antara lain : Wahyudi dengan IPK 3,59 dari Prodi Teknik Grafika, Nina Karenia dengan IPK 3,67  dari Teknik Kemasan dan Ratih Hantari dengan IPK 3,74 dari Teknik Penerbitan.

 

(Selengkapnya terdapat pada majalah PRINT MEDIA INDONESIA edisi 68 Jan-Feb 2016, Majalah terdapat di 100 an toko buku, atau versi digital dapat diunduh melalui SCOOP INDONESIA yakni aplikasi penyedia majalah digital dengan biaya hanya Rp. 15.000 atau USD0,99 / eksemplar. Info 0811 80 8282 / 0812 8881 1831)

 
SISI LAIN KEUNGGULAN PENGGUNAAN PLASTIK

Oleh : Alfred Satyahadi
Corporate Development BPPI, Wakil Ketua Bidang Eksternal KOPI dan Redaksi Print Media Indonesia

1.  Plastik

Plastik adalah Polymer dari berbagai macam senyawa (monomer).Dalam  istilah kimia, plastik merupakan  molekul raksasa yang terdiri dari rangkaian gugus berulang (mer) yang terikat secara ikatan kovalen.Plastik ada yang terbentuk secara alami,seperti:selulosa, protein, dan sebagainya. Tetapi, saat ini  lebih  banyak plastik yang dibuat secara sintetik oleh manusia.

Jenis plastik sintetik antara lain: Polyethylen (PE), Polyphropylene (PP) dan Polyvinil Chloride (PVC).Pada proses pembentukan plastik dari monomer,  biasanya ditambahkan bahan–bahan lain sebagai extender, additive, plasticilizer, dan stabilizer.

Keberadaan  plastik sintetik telah banyak menggantikanfungsi  beberapa material konvensional,seperti : daun, gelas, keramik dan logam,  karena memiliki  beberapa keunggulan diantaranya :

·        mudah dibentuk

·        fleksibel/lentur

·        tidak berkarat

·        ringan dan mudah penanganannya

·        murah

·        tidak mudah pecah

·        dapat  dibentuk lembaran sehingga bisa dibuat kantong

·        mempunyai adaptasi yang tinggi terhadap sebuah produk

 
PENGELOLAAN LIMBAH KEMASAN PANGAN DAN ISU LINGKUNGAN

Oleh : Alfred Satyahadi
Corporate Development BPPI,
WaKaBid Eksternal KOPI dan Redaksi Indonesia Print Media

            Di seluruh penjuru dunia, masalah penanganan limbah menjadi suatu tantangan yang cukup serius, karena aktivitas manusia  setiap hari selalu berujung pada limbah. Limbah menjadi sebuah keniscayaan dalam aktivitas sosial dan ekonomi manusia. Semakin banyak jumlah manusia dengan segala kompleksitas aktivitas sosial dan ekonominya, maka akan semakin banyak pula sampah atau limbah yang dihasilkan.