Home Pameran PAMERAN DI MANA-MANA CERMINAN GRAFIKA JADI INDUSTRI ANDALAN
06
Jun
2012
PAMERAN DI MANA-MANA CERMINAN GRAFIKA JADI INDUSTRI ANDALAN

Di tengah derasnya  gempuran industri elektronik seperti internet dan ponsel, industri grafika ternyata mampu bertahan bahkan  mengalami pertumbuhan dan menjadi salah satu  industri andalan di Indonesia.

Berkembangnya industri grafika di tanah air antara lain disebabkan industri ini mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak, sehingga dapat mempercepat pertumbuhan  ekonomi kerakyatan. Bergairahnya industri ini dapat dilihat dari semakin menjamurnya penyelenggaraan  pameran grafika tidak hanya di Jakarta, tetapi juga merambah ke kota-kota lain seperti, Surabaya, Semarang, Bandung, Yogyakarta, dan Makassar.

Sampai dengan pertengahan tahun ini saja agenda  kalender pameran  grafika nasional  sudah diisi enam pameran besar,  yaitu : Prepress, Printing, Packaging, 01-04 Maret 2012 di Semarang; MPE (Makasar Printing Expo), 8-12 Maret 2012  di Celebes Convention Center Makassar; Bandung Gartex, 28-31 Maret 2012 di Bandung Convention Center;  Indoprint, 11-14 April 2012  di JI Expo Jakarta; Dellpan Expo, 19-22 April 2012 di JI Expo Jakarta, dan SPE (Surabaya Printing Expo),  21-24 Juni 2012  di Grand City  Surabaya.

Kalender pameran  grafika tahun ini diawali dengan pameran grafika  di Semarang yang dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo. Dari ajang pameran ini  terbukti bahwa mesin cetak manual  masih dibutuhkan dan  memiliki segmen pasar tersendiri sehingga mampu bersaing  dengan pesatnya perkembangan   teknologi cetak digital. Salah satu perusahaan  yang berkomitmen pada pengadaan mesin dan peralatan  cetak manual adalah Fajar Graphic Supply.  Perusahaan terkemuka dari kota  Solo ini memamerkan aneka mesin cetak offset, prepress, press, dan post press.

H. Suseno, pemegang  komando Fajar Graphic Supply,  menyatakan  bahwa pangsa pasar offset dan digital sangat berbeda,  keduanya memiliki  sifat saling melengkapi. “Dengan karakteristik tersebut   kami optimis mesin-mesin konvensional masih dibutuhkan di tengah  maraknya penggunaan  mesin cetak digital,” ujarnya.

Optimisme serupa  terjadi pada penyedia layanan  teknologi  digital printing sebagaimana terlihat dengan maraknya penawaran teknologi ini di pintu masuk utama pameran.  Perdana Jatiputra / Konica Minolta yang mengusung berbagai jenis  mesin cetak digital bermerek bizhub terlihat menjadi pusat perhatian  pengunjung. Kualitas, akurasi  dan kecepatan cetak dalam jumlah tertentu sesuai kebutuhan konsumen,  merupakan keunggulan yang berusaha ditonjolkan teknologi digital printing dalam setiap  pameran grafika.  Sebagai contoh Newsletter KOPI GRAFIKA  terbitan  KOPI  (Komunitas Printing Indonesia),  yang terdiri dari 8 halaman ukuran A3 full color, dapat dicetak dengan mesin cetak digital hanya dalam  hitungan detik dengan kualitas prima.

Pemandangan serupa terlihat pada ajang pameran MPE.  DELL PAN  Tunggal  dan  Eka Maju Mesinindo memamerkan puluhan jenis mesin cetak konvensional. Bahkan dalam pameran tunggal DELL PAN Expo yang berlangsung baru-baru ini  di Hall B2 JI Expo Jakarta,  terlihat semua ruang pamer  diisi berbagai jenis mesin percetakan konvensional dengan  jumlah  mencapai  ratusan.

Sebagaimana  pameran di Semarang, penyedia layanan teknologi digital printing seperti : Asaba (Develop) dan Perdana Jatiputra yang mengusung Konica Minolta/bizhub  juga menempati stan  di  pintu-pintu utama lokasi pameran untuk memperkenalkan  teknologi terbaru di bidang digital printing. Demikian juga dengan Astragraphia yang hadir pada MPE dengan mengusung brand Fuji Xerox.

Perusahaan-perusahaan penyedia layanan teknologi  digital printing ini senantiasa menghadirkan berbagai  solusi, mulai dari printer laser desktop untuk personal dan UKM, solusi dokumen perkantoran, hingga production printer untuk...

Selengkapnya baca di majalah Indonesia Print Media edisi 46 Mei - Juni 2012.

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!