Home Pendidikan Proses Transfer Desain Menggunakan Water Decal
23
May
2019
Proses Transfer Desain Menggunakan Water Decal

Proses Transfer Desain Menggunakan Water Decal

PRINT MEDIA, Edisi 88 Mei-Juni 2019. Gelaran pameran otomotif Indonesia International Motor Show 2019 digelar di JI Expo Kemayoran mulai tanggal 25 April hingga 5 Mei 2019. Pameran yang menghadirkan pabrikan-pabrikan otomotif terkenal ini selalu ramai dihadiri pengunjung.

Diantara puluhan pabrikan otomotif yang memamerkan produk motor mereka, terselip satu pemain digital printing yang namanya sudah cukup dikenal yakni Ronita Digital Printing. Ronita menghadirkan beberapa hasil karya yang menarik khususnya bagaimana printing diatas sepeda motor menggunakan teknik Water Decal. Water Decal adalah ... lanjut ? Klik judul link di atas

 

bahan untuk memindahkan artwork ke aneka media dengan cara dicelupkan kedalam air. Water Decal ini berbentuk kertas yang menyerap air, diatasnya terdapat lapisan lem khusus yang transparan dan akan bereaksi jika terkena air. Diatas lem tersebut gambar/artwork dicetak. Proses cetak dapat menggunakan sistem sablon screen maupun menggunakan printer.

Proses pemakaiannya adalah gambar yang sudah dicetak diatas kertas water decal ini kemudian dicelupkan ke air selama kurang lebih 20 detik. Catatan, siapkan wadah air yang bisa membuat decal tercelup dengan sempurna, jangan sampai tertekuk. Ketika bagian lem dan kertas sudah bisa digerakkan, angkat kertas decal dan tempelkan ke bagian yang ingin kita pasang. Tahan bagian yang ada gambarnya dan tarik kertas decalnya hingga semua bagian terpisah.

Jika anda ingin merubah posisi gambar, lakukan ketika kondisi masih basah. Apabila dirasa posisi sudah pas, segera keringkan dengan kain halus. Proses pengeringan dilakukan sekalian untuk meratakan atau mengeluarkan air agar tidak terjadi gelembung yang dapat membuat decal pecah saat di vernish.

Teknik cetak menggunakan water decal ini cukup awet dan dapat bertahan lama karena dilapisi vernish. Teknik ini merupakan satu altenatif bagi pecinta otomotif yang ingin kendaraannya tampil beda. Tidak hanya dapat diaplikasikan pada kendaraan bermotor, water decal juga bisa diaplikasikan diatas bahan-bahan keramik seperti piring, gelas, mug dan lain-lain. Selain itu bisa juga untuk bahan kayu, helm motor, diecast dan lain sebagainya.

Info :

Tel/SMS/WA 0811 808 282 / 0812 8881 18131

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!