Home Pendidikan Printer Label Epson Menerapkan Standarisasi Material Yang Aman Untuk Makanan
16
Sep
2019
Printer Label Epson Menerapkan Standarisasi Material Yang Aman Untuk Makanan

Epson Indonesia beberapa waktu yang lalu mengumumkan bahwa tinta yang digunakan dalam mesin cetak label inkjet digital SurePress dan printer label warna telah sesuai dengan peraturan Bahan Kontak Makanan(Food Contact Materials) untuk tinta cetak kemasan makanan.

Peraturan tersebut mencakup kerangka Peraturan UE (EC) No. 1935/2004, Peraturan Praktik Pembuatan yang Baik (GMP) (EC) No. 2023/2006, Peraturan Tindakan Implementasi Plastik (UE) 10/2011 dan termasuk dalam Undang-undang Swiss (RS 817.023. 21) tentang Bahan Kontak Makanan untuk tinta cetak kemasan makanan.

Kemasan makanan adalah salah satu segmen industri cetak yang paling diatur. Rantai nilai cetak perlu mempertimbangkan peraturan baru - terutama di Eropa dan Asia - dan secara bersamaan menyesuaikan dengan prioritas di luar keselamatan.

Menurut Smithers Pira, tinta cetak makanan aman akan tumbuh lebih cepat daripada pasar kemasan makanan karena tekanan dari pemilik merek dan regulator melihat mereka diadopsi dalam jumlah yang lebih besar dari kemasan makanan. Pasar untuk tinta food grade tumbuh 6% per tahun.

Tinta khusus food grade semakin banyak digunakan dalam pencetakan kemasan makanan untuk memastikan tidak ada kontaminasi produk ketika digunakan dengan benar, memastikan keamanan makanan. Komitmen Epson terhadap label makanan dan minuman serta industri pengemasan ditunjukkan dalam tingkat investasi yang telah diterapkannya dalam menjaga kepatuhan terhadap peraturan.

“Pelanggan kami dapat yakin bahwa printer yang telah mereka pasang di fasilitas manufaktur mereka sesuai dengan peraturan Bahan Kontak Makanan(Food Contact Materials). Epson akan terus memenuhi kebutuhan pelanggan dalam produksi label dan kemasan makanan dan minuman, ”kata Jocelyn Tan, Regional Senior Manager, Printers Solutions Division, Epson Singapura

Investasi Epson dalam Tinta

Di antara digital press dan produsen printer inkjet, Epson memproduksi tinta sendiri. Epson berinvestasi secara langsung dalam sistem dan proses higienis dalam menghasilkan tinta untuk solusi SurePress dan ColorWorks-nya.

Fasilitas Epson memenuhi standar Good Manufacturing Practices (GMP) (EC) No. 2023/2006 UE yang diakui secara internasional dan sesuai dengan United States Food and Drug Administration (FDA) cGMP.

Selain itu, tinta Epson SurePress dan ColorWorks diproduksi dengan manajemen kebersihan tingkat makanan, menerapkan penilaian risiko Titik Kontrol Kritis Bahaya (HACCP) di setiap tahap produksi.

Bahan Tinta Epson dan Peraturan Tambahan

Tinta Epson mematuhi Undang-undang Swiss tentang Bahan dan Artikel yang Berhubungan dengan Makanan (RS817.023.21) dan bahan-bahannya telah didaftarkan atau diserahkan ke .......................................................

Sesuai dengan kerangka Peraturan UE (EC) No. 1935/2004, tinta Epson SurePress dan ColorWorks tidak dimaksudkan untuk aplikasi kontak makanan langsung. Saat menggunakan tinta Epson SurePress dan ColorWorks, disarankan sisi kontak non-makanan dari label makanan yang peka terhadap tekanan dipisahkan oleh aluminium, gelas, plastik atau bahan lain yang bertindak sebagai penghalang fungsional, sebagaimana didefinisikan oleh peraturan setempat, mencegah migrasi komponen tinta ke makanan. @Wiwin

Selengkapnya terdapat pada majalah Indonesia print Media edisi 90 Sept-Okt 2019,

Dapatkan juga salah satu E-Print Media pada website www.indonesiaprintmedia.com

Info : WA 0811808282

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!