Pengunjung Web

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini124
mod_vvisit_counterKemarin779
mod_vvisit_counterMinggu ini124
mod_vvisit_counterMinggu lalu9322
mod_vvisit_counterBulan ini31880
mod_vvisit_counterBulan lalu39080
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung1327896
Kami Memiliki: 86 guests online

Home Profile Usaha dan Produk Renata Owen, Mahasiswi UCS Desainer Aqua Botol 600ml
06
Aug
2013
Renata Owen, Mahasiswi UCS Desainer Aqua Botol 600ml

Keseharian Renata Owen, mahasiswi Universitas Ciputra Surabaya, tak beda dengan mahasiswi kebanyakan di Kota Surabaya. Aktivitasnya disibukkan oleh kegiatan di kampus yang kini telah memasuki semester VIII dan sedang mengerjakan skripsi.

Di luar itu, dara yang tinggal di Surabaya Barat ini larut dengan aktivitas menggambar. Sejak masih duduk di bangku sekolah menengah, Renata memiliki minat yang kuat terhadap desain grafis. Hal ini ditunjang dengan adanya fasilitas komputer di sekolahnya yang semakin  memperluas pengetahuannya di bidang desain grafis.

Minat itu semakin menguat ketika dia memasuki dunia  perkuliahan. Dan, sejak awal semester III dia mulai  bekerja menjadi desainer grafis lepas, yang mengerjakan sejumlah proyek. Maka minat yang dipupuk dan ditunjang dengan ilmu pengetahuan di bidang terkait ini pun menjadi ladang penghasilan yang subur bagi Renata.

"Buat saya, semua berawal dari hobi, lalu jadi passion. Segala sesuatu kalau dikerjakan dengan passion akan maksimal hasilnya. Secapek apapun kalau dikerjakan dengan tuntas dan tulus, rasanya seperti nggak sedang kerja. Semua jadi fun," ujar Renata kepada media.

Sebuah project baru, baru saja Renata kerjakan. Dia dipercaya Danone, raksasa minuman asal Perancis, untuk mendesain kemasan baru air minum dalam kemasan Aqua ukuran 600 mililiter. Mendapat project ini dari sebuah agency, dalam project baru ini dia diminta memvisualisasikan kekayaan alam Indonesia ke dalam sebuah rancangan grafis, yang kemudian dijadikan sampul kemasan botol Aqua.

Setelah melalui proses penggarapan, dan proofing selama dua bulan, project ini berhasil dia kerjakan. Hasilnya, karya Renata yang begitu kaya dengan kekayaan alam flora dan fauna, serta  budaya Indonesia kini menghiasi sampul Aqua Danone kemasan 600 ml.

Karya dia ini dipakai Danone Aqua untuk menggelar sebuah project campaign bertema 'Temukan Indonesiamu' yang menyasar anak muda Indonesia. Campaign ini menantang mereka untuk membuat karya grafis dengan menggunakan teknik bebas, yang mewakili kekayaan budaya dan alam Indonesia. Ajang ini juga menantang kaum muda membuat karya fotografi yang juga menampilkan kekayaan alam dan budaya Indonesia.

Danur Tejawati, Brand Manager Aqua, kepada Tribun mengatakan, karya grafis Renata yang kini tampil di kemasan Aqua 600 ml menjadi semacam benchmark atau contoh karya grafis buat semua anak muda yang berminat mengikuti kompetisi ini.

Kompetisi ini sendiri digelar melalui situs www.temukanindonesiamu.com dan memuat berbagai kriteria dan persyaratannya.
Menurut Danur, kompetisi ini berlangsung mulai 22 April sampai 17 Juni 2013 dengan
target 1000 peserta dari kalangan anak muda.

Proses penjurian dilakukan dua tahap. Pertama, proses penyaringan, dan tahap kedua penjurian untuk mengerucutkan peserta hingga menjadi tinggal 10 finalis. Dari kesepuluh finalis akan  ada dua pemenang utama, masing-masing satu untuk kategori karya desain grafis dan satu karya fotografi.

Apa rewards-nya? Danur menyatakan, setiap pemenang berhak mendapat hadiah uang tunai Rp 10 juta dan karyanya akan ditampilkan produk Aqua kemasan 600 ml untuk karya grafis yang menang. Sementara, karya fotografi yang menang akan tampil di banner iklan Danone Aqua.

Wayang dan Ibu Pembatik

Dipercaya menjadi desainer untuk kampanye program ini,  membuat Renata Owen bangga. "Terus terang saya bangga dipercaya merancang label kemasan baru Aqua untuk project ini," ujar dia.

Proses pengerjaan grafisnya memakan waktu dua bulan. Penggalian ide kreatifnya dia lakukan melalui riset di internet diawali dengan pembuatan sketsanya,  dilanjutkan dengan proses pewarnaan dengan komputer.

Unsur-unsur yang dia tampilkan adalah wayang dan ibu pembatik yang mewakili kekayaan budaya Jawa, bunga Rafflesia Arnoldi mewakili kekayaan fauna Bengkulu di Sumatera, lalu burung jalak bali yang merupakan fauna endemik di Pulau Bali.

Ada juga topeng Malang yang mewakili keberagaman, perisai dan tari dayak yang mewakili kekayaan budaya Indonesia bagian tengah. Tak lupa, Renata memasukkan pula unsure-unsur dedaunan yang mewakili iklim tropis Indonesia. Begitu juga kupu-kupu mewakili keindahan alam Indonesia, dan burung cendrawasih yang merupakan burung endemik dari Pulau Papua dan Maluku.

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!