Pengunjung Web

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini112
mod_vvisit_counterKemarin779
mod_vvisit_counterMinggu ini112
mod_vvisit_counterMinggu lalu9322
mod_vvisit_counterBulan ini31868
mod_vvisit_counterBulan lalu39080
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung1327884
Kami Memiliki: 74 guests online

Home Profile Usaha dan Produk PERCETAKAN BALI ....
10
Aug
2016
PERCETAKAN BALI ....
Written by Administrator   

PERCETAKAN BALI

Satu-satunya Security Printing di Bali dan Indonesia Timur

Percetakan Bali, yang kini telah telah memasuki usia ke-74, tetap mampu mempertahankan eksistensinya dan mampu bersaing dengan memaksimalkan kualitas, kecepatan dan harga relative murah untuk beragam produk cetaknya. Percetakan ini merupakan Badan Usaha Milik Daerah dengan mayoritas saham dimiliki oleh Perusda Daerah Provinsi Bali. Sampai saat ini, Percetakan yang beralamat di Jalan Gajah Mada I No 1 Denpasar Bali ini, merupakan satu-satunya perusahaan security pinting di Bali dan Indonesia Timur. Demikian disampaikan Direktur PT. Percetakan Bali, Thiolina F. Marpaung.

Historis

PT. Percetakan Bali berdiri pada awal jaman penjajahan Jepang, yaitu tahun 1942, dengan nama Bali Simbunsya yang berlokasi di Wangaya Kelod, dan dipimpin oleh Tuan N. Narasawa. Setelah Jepang kalah dalam perang dunia II, Bali Simbunsya berganti nama menjadi Pertjetakan Suara Indonesia dan dipimpin oleh Cokorda Ngurah Pamayun dan Ketut Subrata.

Saat tentara NICA berkuasa di Bali pada tahun 1946, percetakan ini dikelola oleh NV. Lettergieterij Amesterdam di Surabaya di bawah pengawasan Amacab Bali Drukkerrai yang dipimpin oleh Tuan N. L. Manson dan P. A. Schwab. Selanjutnya, perusahaan ini dipimpin oleh J. Van Riel dan DR. M. Room. Setelah Pemerintahan kolonial Belanda menyerahkan kedaulatan Indonesia, percetakan tersebut diserah terimakan kepada Residen Bali-Lombok dan berganti nama kembali menjadi NV Pertjetakan Bali di bawah pimpinan A. A. Oka.

Selanjutnya, NV Pertjetakan Bali secara resmi disahkan sebagai badan usaha oleh Menteri Kehakiman RI dengan Ketetapan NO. J.A.S/32/15 Tertanggal 20 April 1951. Dan pada tanggal 17 Juni 1951 struktur kepengurusan perusahaan dibentuk yang terdiri dari : I Gusti Ngurah Djelun (Direktur), Putu Rudolf (Ketua Komisaris), Wayan Dangin dan I Made Sugitha (Anggota Komisaris).

Pada tahun 1999 NV Percetakan Bali melakukan re-organisasi dan menjual seluruh saham swasta kepada Pemerintah Daerah Tingkat I Bali melalui Perusahaan Daerah Tingkat I. Selanjutnya, pada tahun 2002 NV Pertjetakan Bali berubah nama menjadi PT Percetakan Bali dengan Akta Notaris No 2 Tanggal 1 Pebruari 2002 dan pengesahan dari Menteri Kehakiman dan Hak Azaz Manusia Republik Indonesia Nomor : C-05655HT.01.04 TH 2013 tanggal 17 Maret 2003.

Seiring dengan semakin berkembangnya usaha PT Percetakan Bali, pada tahun 2006 Kepala BIN selaku Ketua BOTASUPAL meningkatkan status Rekomendasi/Ijin Distributor Security perusahaan ini  menjadi Rekomendasi /Ijin Pencetakan Document Security, sehingga menjadi satu-satunya perusahaan percetakan yang memiliki ijin security printing  di Pulau Bali hingga saat ini.

Visi dan Misi

Dalam menjalankan usahanya PT Percetakan Bali memiliki visi dan misi yang sangat jelas. Adapun visi dan misi dari perusahaan ini adalah sebagai berikut :

Visi : Menjadi percetakan dan penerbitan terbaik di Provinsi Bali dan Indonesia Timur.

Misi : Mendukung proses bisnis pelanggan dan memahami bisnis mereka, untuk menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi, inovatif dan efisien dalam harga dan waktu.

Alat Produksi

Dalam menjalankan kinerjanya, PT. Percetakan Bali didukung dengan beragam mesin offset yang sangat handal di bidang percetakan, mulai dari pre-press, press, post-press hingga bagian offset. Demikian juga dengan mesin-mesin pendukung untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan efektif.

Alat-alat dimaksud adalah : Computer, Printer laser, Image setter, Prosesor film, Plat maker, Plat prossesor, Digital print. GTO 46, GTO 52, MO, SORM, MOZP (2 warna), GTO 52, RISSO, Mesin perfect binding  (lem), Mesin lipat, Mesin stich binding (jahit kawat), Mesin swing (jahit benang), Mesin sortir, dan Mesin potong.

Jasa Layanan

Percetakan Bali berkomitmen penuh sebagai penyedia layanan desain dan layanan penerbitan pilihan pelanggan untuk turut berperan serta dalam mencerahkan dan mencerdaskan masyarakat.

PT Percetakan Bali memberikan jasa layanan cetak offset, digital, security dan juga jasa penerbitan buku-buku. Selain bisnis utama tersebut, PT Percetakan Bali juga memberikan jasa pengadaan ATK dan berbagai kebutuhan marketing baik berupa merchandise maupun barang-barang lain yang dibutuhkan kantor-kantor atau pelanggannya.

Untuk jasa pencetakan offset dan digital, PT Percetakan Bali melayani berbagai kebutuhan pelanggan, seperti: Tabloid, Majalah, Buku, Agenda, Kalender, Brosur, Leaflet, Free Map, Laporan Tahunan, Hang Tag, Stiker, Kartu Pos, Business Card, Kop surat, Nota, Folder Paper Bag, dll.

Untuk jasa security printing, PT Percetakan Bali melayani berbagai kebutuhan pelanggan, seperti : ijazah, raport, kertas berharga (Cheque& BG), dll.

Untuk jasa layanan pengadaan ATK, PT Percetakan Bali melayani pengadaan berbagai produk, seperti: box, kipas, pulpen, pensil, mug, pin, payung, tas kain, spanduk, umbul-umbul, baliho, X banner, roll banner, dll.

Untuk jasa penerbitan buku, PT Percetakan Bali melayani proses pencetakan dari awal hingga akhir, termasuk proses pembuatan ISBN         (International Standard Book Number) untuk buku-buku yang akan diterbitkan dan dicetak.

Masalah–Masalah :

Untuk menghadapi persaingan global, antara lain dengan diberlakukannya kebijakan  MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN),  PT Percetakan Bali menghadapi  beberapa permasalahan yang harus  segera ditindaklanjuti, antara lain di bidang :

a.     Investasi

Sebagai anak perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)  Provinsi Bali), PT Percetakan  Bali selalu berusaha melakukan investasi  maksimal dan efisien. Investasi mesin-mesin pendukung produksi yang ada sekarang, sudah saatnya mendapat perhatian khusus mengingat perkembangan teknologi  mesin-mesin offset dan digital  yang ada saat ini sudah sangat canggih.

b. SDM

Sumber Daya Manusia (SDM) adalah faktor utama dalam melakukan investasi. Sumber Daya Manusia memegang peranan sangat penting dalam usaha percetakan. PT Percetakan Bali selalu memberikan pelatihan-pelatihan kepada seluruh SDM di semua bidang, seperti : pemasaran, produksi, keuangan dan umum. Keterampilan dan ketelitian merupakan fokus management PT Percetakan Bali dalam proses pembinaan dan pengembangan  SDM-nya.

c. Pasar

Sejak berdiri hingga saat ini, pangsa pasar PT Percetakan Bali  adalah kantor-kantor pemerintah yang ada di Pulau Bali dan juga wilayah  Indonesia Bagian Timur.  Makin berkembangnya  teknologi digital, dan diberlakukannya  aturan efisiensi anggaran di setiap instansi yang ditetapkan pemerintah sangat berpengaruh terhadap jumlah permintaan jasa layanan cetak ke PT Percetakan Bali. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, PT Percetakan Bali mulai  mencoba memasuki pangsa pasar swasta.

Harapan – Harapan :

Sebagai perusahaan percetakan offset dan  satu-satunya security printing di Bali,  PT Percetakan Bali berharap :

-         Perusda Provinsi Bali (BUMD) sebagai pemegang modal usaha sesegera mungkin dapat menambah dan mengganti investasi mesin-mesin yang up to date sehingga  proses produksi dapat dilakukan dengan lebih  efisien, efektif dan cepat.

-         Adanya komunitas grafika yang dinamis di Provinsi Bali sebagai wadah bagi SDM Grafika untuk mendapatkan pembelajaran dan menambah wawasan ke-grafika-an dalam menghadapi MEA.

-         Adanya seminar-seminar tentang grafika secara berkala di Pulau Bali.

-         Dukungan kerjasama dari Pemerintah Provinsi  Bali, Kabupaten / Kota serta seluruh komponen stakeholder di Bali .

 

Bila merasa tahu, itu pertanda tidak tahu, Setiap usaha yang dijalankan dengan tidak tahu tinggal menunggu layu.

Mari cari tahu dengan langganan Print Media yang bisa ; 1 eks, 5 atau 10 eks setiap dua bulan dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.

Silahkan Download Formulir Langganan !!!